nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Underpass Kemayoran Masih Tergenang, Belum Bisa Dilintasi Kendaraan

Alifa Muthia Diningtyas, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 15:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 26 338 2158545 underpass-kemayoran-masih-tergenang-belum-bisa-dilintasi-kendaraan-TAe97ahYjZ.jpg Underpass Kemayoran, Jakarta masih tergenang, Minggu 26 Januari 2020 (Okezone.com/Alif)

JAKARTA – Banjir yang merendam Terowongan Ghandi atau Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat mulai surut. Namun, hingga Minggu (26/1/2020) menjelang sore, belum bisa dilalui kendaraan karena masih ada sisa genangan setinggi sepaha orang dewasa.

Pantauan Okezone, petugas gabungan dari instansi Pemprov DKI Jakarta dibantu prajurit TNI Angkatan Laut masih terus menangani banjir di antaranya menyedot genangan dengan mesin pompa.underpass

Petugas menyedot genangan di Underpass Kemayoran (Okezone.com/Alifa)

Di lokasi terlihat ada dua mobil pompa milik TNI AL serta beberapa unit mobil Dinas Pekerja Umum DKI membantu menguras air yang menggenangi badan jalan bawah tanah itu. Genangan disedot dengan pompa kemudian dibuang ke saluran sekitar underpass yang mengarah ke Danau Sunter.

Kapten Heru Budiawan dari TNI AL mengatakan, pihaknya sejak Sabtu malam tadi bergabung membantu menyedot banjir di Underpass Kemayoran.

"Kami di sini sejak Sabtu malam karena kami urus dulu mako kami yang banjir juga, baru kami ke sini," ujar Heru.underpass

Underpass Kemayoran tergenang banjir hingga 5 meter sejak Jumat 24 Januari lalu, akibat hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Akibatnya hingga saat ini genangan sudah mulai surut, namun jalan masih belum bisa dilalui karena masih dilakukan penyedotan.

Menurut Heru, tidak ada kendala berarti dialami tim di lapangan selama penyedotan genangan berlangsung. "Alhamdulillah dari kemarin hingga sampai saat ini belum ada kendala ya," ujarnya.

Genangan di Underpass Kemayoran sudah jauh berkurang dibandingkan dua hari sebelumnya. "Alhamdulillah sekarang udah mulai surut ketimbang tadi pagi masih sekitar 2 meter bisa kelelep orang yang lewat. Sekarang udah bisa dilewatin petugas kan sekitar sepinggang ketinggian airnya," tutur Heru.

Banjir yang menggenangi Underpass Kemayoran dikeluhkan pengendara. Mereka harus mencari jalan alternatif karena tak bisa melintasi jalan tersebut.

"Semenjak kolong (Underpass Kemayoran) masih banjir saya muter cari jalan lain. Tidak jauh sih muternya cuma lebih deket kemana-mana lewat sana," kata seorang driver ojek online, Abdul Kodir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini