Share

Ketua DPRD DKI: Fit and Proper Test Cawagub Digelar dalam Rapat Paripurna Pemilihan

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 28 Januari 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 338 2159381 ketua-dprd-dki-fit-and-proper-test-cawagub-digelar-dalam-rapat-paripurna-pemilihan-oLchZSBE97.jpg Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pihaknya segera menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon wakil gubernur. Agenda itu akan dilaksanakan saat rapat paripurna pemilihan yang sifatnya terbuka untuk umum sehingga bisa dilihat masyarakat dan awak media.

"Kalau uji kelayakan ntar di forum paripurna. Kita bisa lihat. Tiap paripurna juga terbuka untuk umum, masyarakat bisa melihat, layak apa enggak jadi wagub. Itu saja," kata Prasetyo kepada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Sandiaga Lega Anies Segera Punya Pendamping Pimpin Jakarta 

Politikus PDIP ini mengungkapkan belum bisa menentukan waktu rapat paripurna untuk memilih wagub pengganti Sandiaga Salahuddin Uno itu. Sebab dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) terlebih dahulu untuk menyepakati tata tertib pemilihan wagub.

Setelah itu, lanjut dia, menetapkan tatib tersebut dalam rapat paripurna. Lalu setelah tatib disahkan, jelas dia, pihaknya bakal menggelar rapat Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta untuk menyusun jadwal pemilihan calon pendamping Gubernur Anies Rasyid Baswedan tersebut.

Baca juga: Soal Pemilihan Wagub DKI, Riza Patria: Tak Ada Lobi-Lobi Khusus 

"Langkah selanjutnya, saya akan buat surat, Bamus-kan dulu, teruskan tatibnya, bagaimana aturannya, pola pemilihannya, sedang kita pelajari," ujarnya.

Sebelumnya Anies telah memberikan dua nama calon wagub DKI Jakarta ke Parlemen Kebon Sirih, yakni Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini