Merampok 12 Minimarket di Tangsel, 1 Bandit Ditembak Polisi

Hambali, Okezone · Sabtu 01 Februari 2020 04:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 338 2161579 merampok-12-minimarket-di-tangsel-1-bandit-ditembak-polisi-plFvqSsmVW.jpg Polisi tangkap komplotan perampok minimarket (Foto : Okezone.com/Hambali)

TANGERANG SELATAN - Komplotan bandit berjumlah 7 orang pria membobol 12 minimarket di berbagai lokasi di Tangerang Raya. Aksi mereka terhenti setelah petugas menyergap, 5 orang tertangkap dan 1 di antaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas.

Pelaku yang tertangkap masing-masing bernama Nurrohman (25), Fahruroji (23), Deni Dengah (19), Sony Susanto (25), Muhamad Robby Andrian (22). Sedangkan 2 pelaku yang masih buron adalah Deny alias Der dan Deni alias Deni Pe'a.

Terakhir kali, komplotan bandit ini beraksi pada tanggal 14 Januari 2020 di minimarket yang terletak di Jalan Tembaga Raya Nomor 44, RT07 RW09, Bencongan, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Ketika itu, pegawai minimarket baru akan menutup toko sekira pukul 22.00 WIB. Pegawai yang bertugas, membiarkan Rolling door terbuka sedikit karena sibuk berbenah mengecek data penjualan.

Tiba-tiba muncul 3 orang pelaku yang datang seolah terburu-buru hendak membeli pulsa, 2 di antaranya mengenakan masker penutup sebagian wajah. Belum sempat menjelaskan jika toko telah tutup, rupanya pegawai toko bernama Siti Nurhasanah langaung ditodong senjata tajam.

"Modus tersangka ini berpura-pura belanja saat posisi toko akan tutup. Ketika sudah di dalam toko, mereka mengancam pegawai yang ada dengan senjata tajam," ujar Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan kepada Okezone, di Mapolsek Kelapa Dua, Jumat (31/1/2020).

Perampok ditembak polisi (Foto : Okezone.com/Hambali)

Karena di bawah ancaman, Siti Nur Hasanah hanya bisa pasrah menunjukkan uang yang tersimpan di kasir, nilainya sekira Rp10,9 jutaan. Bahkan seunit handphone miliknya turut dirampas pelaku.

Mendapat laporan itu, satuan Reskrim Polsek Kelapa Dua langsung melakukan penyelidikan. Begitu mengantongi identitas pelaku, tim langsung melakukan pengejaran hingga berhasil mengamankan 5 pelaku.

"Berdasarkan penyelidikan, berhasil mengungkap para pelaku yang melakukan kegiatan tersebut. Untuk saat ini ada 5 orang pelaku yang sudah berhasil diamankan. Yang mana para pelaku ini, rata-rata beralamat di wilayah Kabupaten Tangerang," jelas Ferdy.

Baca Juga : 4 Fakta Tentang Virus Korona, Ditemukan Ilmuan Mesir

Dari keterangan kelima pelaku, lanjut Ferdy, diperoleh keterangan bahwa mereka telah melakukan kejahatan yang sama di 11 minimarket, sebelum aksinya yang terakhir di Jalan Tembaga Raya. Polanya pun sama, yakni di kala posisi minimarket bersiap menutup toko.

"Karena saat toko akan tutup, pintu itu ditutup sebagian, dan pengunjung sudah tidak ada. Disitulah mereka masuk, dan melakukan pengancaman untuk melakukan tindak pidana. Sasaran kejahatan mereka adalah uang di kasir dan barang berharga," imbuh Ferdy.

Aksi kejahatan para bandit ini sempat viral di media sosial lantaran terekam kamera Close Circuid Television (CCTV). Video itu ramai diunggah di media sosial hingga membuat masyarakat resah.

"Videonya sempat heboh, tapi sekarang sudah berhasil kita amankan pelakunya. Seorang pelaku berinisial M terpaksa kita beri tindakan tegas terukur, karena melawan saat akan ditangkap," ujarnya.

Baca Juga : Selundupkan Sabu di Alat Kelamin, Kurir Cantik Terancam 20 Tahun Penjara

Diketahui, setiap kali beraksi tak semua pelaku turut serta. Setidaknya hanya 3 sampai 5 orang yang terlibat dalam satu lokasi. Sedangkan hasil kejahatan dibagi rata. Total jika dijumlahkan maka nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

"Jadi kalau ditotal ya mungkin ratusan juta juga. Kalau uang dibagi rata, tapi untuk barang itu dijual, ini sedang kita selidiki," ucap Ferdy.

Berikut 11 lokasi minimarket lainnya yang pernah dirampok oleh kawanan pelaku:

1. Rabu 30 Oktober 2019 di minimarket Jalan Husen Sastra Negara, Benda, Kota Tangerang. Uang yang dirampas Rp34 jutaan.

2. Kamis 24 Oktober 2019 di minimarket Cimone, Kota Tangerang. Uang yang dicuri Rp600 ribu dan beberapa slop rokok.

3. Sabtu 30 November 2019 di minimarket Pasar Baru, KS Tubun, Kota Tangerang. Uang yang dicuri Rp3,1 juta, dan 10 bungkus rokok.

4. Sabtu 14 September 2019, para pelaku melakuan aksi perampokan dengan kekerasan di minimarket Garuda 2, Batuceper Timur, Kota Tangerang. Pelaku mencuri uang sebesar Rp53 juta.

5. Kamis 05 Desember 2019, para pelaku melakukan aksi perampokan di minimarket Batu Ceper, Kota Tangerang, uang ua.g dicuri sebesar Rp600 ribu dan 20 bungkus rokok.

6. Kamis 05 Desember 2019, para pelaku merampok minimarket di Jalan Halim Perdana Kusumah, Kebon besar, Kota Tangerang. Nilai uangnya sebesar Rp3,5 juta.

7. Sabtu 11 Januari 2020, para pelaku merampok minimarket di Jalan MH Thamrin, Kota Tangerang. Uamg yang dirampas sebesar Rp13 jutaan dan 20 bungkus rokok.

8. Rabu 15 Januari 2020. Para pe|aku merampok minimarket Hasim Ashari 3, Buaran Indah, Kota Tangerang. Uang yang dirampas pelaku Rp2 jutaan.

9. Kamis 23 Januari 2020, pe|aku merampok minimarket di Tiga Raksa, Kabupaten Tangerang. Uang yang dirampas sebesar Rp20.000.000,

10. November 2019, para pe|aku merampok minimarket di Jalan Bitung, Kabupaten Tangerang. Uang yang dirampas sebesar Rp5 juta.

11. Desember 2019, para pe|aku merampok minimarket di Neglasari, Kota Tangerang. Uang yang digasak sebesar Rp3 jutaan dan 15 bungkus rokok.

"Otak pelaku ini yang masih DPO," tukas Ferdy.

Atas perbuatannya, mereka dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman penjara maksimal selama 12 tahun kurungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini