nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rusak Parah, SDN Samudrajaya 04 Bekasi Diperbaiki Pekan Ini

Wisnu Yusep, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 00:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 03 338 2162813 rusak-parah-sdn-samudrajaya-04-bekasi-diperbaiki-pekan-ini-KD2mIDxW06.jpg Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja (Okezone.com/Wisnu)

BEKASI - Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja memastikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Samudrajaya 04, Kabupaten Bekasi yang rusak parah dan sempat viral akan diperbaiki, mulai Kamis 6 Februari 2020. Perbaikan sekolah itu dilakukan bertahap menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020.

"Jadi besok (Kamis 6 Februari) mudah-mudahan ini akan segera kita perbaiki," ujar Eka, Senin (3/2/2020).

Berdasarkan rencana, pembangunan sekolah tersebut dilakukan secara bertahap. Meski begitu, proses ngajar-mengajar tetap dilakukan seperti biasa. "Sistem shift (belajar) saja jadi untuk sementara seperti itu," ujar Eka.

Eka mengatakan, pembangunan sekolah tersebut juga menggunakan dana APBD. Dia pun meminta, para guru dan siswa bersabar dan tetap bersemangat meski keadaan bangunan sekolah memprihatinkan.

"Kita memotivasi siswa yang ada di SD 04 ini agar dalam kondisi apapun masih tetap harus semangat belajar," kata dia.Ilustrasi

Berdasarkan pengamatan wartawan di lokasi, salah satunya kelas VI sekolah tersebut di bagian plafon baru saja roboh tadi pagi.

Selain itu, lantai di dalam kelas tampak kotor, penuh bercak tanah. Bekas air hujan tampak merembes ke dalam kelas karena atap-atap yang berlubang.

Baca juga: Sekolah di Bekasi Rusak Parah, Murid Langsung Bubar saat Hujan

Sebelumnya, siswa kelas 4, 5, dan 6 SDN Samudrajaya 04, Kabupaten Bekasi, mesti belajar lesehan di luar kelas pagi ini. Hal itu disebabkan plafon roboh. Tidak ada korban jiwa ataupun korban luka dari insiden ini.

"Sekolah tersebut memang kondisinya rusak parah karena sudah berusia tua, sehingga perlu perbaiki," kata Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Hery.

Apalagi, kata Hery, sekolah tersebut kerap tergenang banjir bila musim penghujan tiba. "Lokasinya sering tergenang banjir yang memperparah kerusakan bangunan," kata dia.

Selain Samudrajaya, Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, juga akan merealisasikan perbaikan 300 SDN yang rusak pada 2020 untuk mendukung kenyamanan proses belajar mengajar di sekolah.

Ratusan sekolah itu mengalami kerusakan yang bervariasi mulai ringan, sedang, hingga berat. "Jenis kerusakannya mulai dari ruang kelas, pagar, toilet, hingga atap sekolah," katanya.

Rencana perbaikan sekolah yang mengalami kerusakan itu, lanjutnya, sudah diajukan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi untuk segera direalisasikan pada awal tahun ini.

Meski telah disetujui tahun ini, pihaknya tidak bertanggung jawab atas pekerjaan perbaikan sekolah, sebab pekerjaan itu dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi.

"Kami berharap perbaikan sekolah yang diajukan itu dapat diprioritaskan karena untuk mendukung kenyamanan belajar mengajar siswa," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini