Tanggul Jebol di Periuk Damai Tangerang Akan Diperbaiki Usai Banjir Surut

Isty Maulidya, Okezone · Selasa 04 Februari 2020 01:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 338 2162827 tanggul-jebol-di-periuk-damai-tangerang-akan-diperbaiki-usai-banjir-surut-LVZ8xbsOVC.jpg Banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Okezone.com/Puteranegara)

TANGERANG - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang berjanji segera menanggulangi dan memperbaiki tanggul yang jebol di Perumahan Periuk Damai. Perbaikan dilakukan menunggu air surut dulu.

"Saat ini fokus sama evakuasi dulu, setelah surut baru perbaikan supaya lebih mudah. Kita juga ada pompa air supaya air surut lebih cepat" ujar Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang, Taufik Syahzeni saat dihubungi, Senin 3 Februari 2020.

Tanggul di Periuk Damai jebol, Senin sore, mengakibatkan kawasan itu banjir hingga 1 meter merendam rumah dan seribuan warga terdampak.

Taufik mengatakan posisi yang jebol adalah dinding pemisah yang terbuat dari tumpukan batu antara tepian kali dengan rumah warga.Ilustrasi

Dinding tersebut jebol karena volume air di Kali Ledug melebihi kapasitas akibat hujan deras mengguyur Tangerang sejak Minggu kemarin.

"Itu sebenarnya bukan tanggul, tapi pemisah antara tepi kali dan jalan. Jadi begitu air meluap, langsung meluber ke pemukiman" jelasnya.

Baca juga: Tanggul di Periuk Damai Tangerang Jebol, 1.116 Warga Terdampak Banjir

Taufik menjelaskan posisi kali tersebut berada di atas pemukiman warga. Wilayah tersebut juga memiliki ketinggian dataran yang berbeda-beda, sehingga wilayah yang paling rendah terdampak banjir paling parah, bahkan hingga mencapai ketinggian lebih dari 1 meter.

"Jadi posisi rumah warga, terutama yang di RT 08 ada di bawah kali. Sehingga terdampak paling parah. Yang rumahnya di dataran lebih tinggi juga ikut kena karena luapan airnya besar sekali" tuturnya.

Hingga saat ini, Pemkot Kota Tangerang masih berupaya mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini