nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melawan ketika Ditangkap, Begal Sadis di Bekasi Terpaksa Ditembak

Wisnu Yusep, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 06:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 06 338 2164075 melawan-ketika-ditangkap-begal-sadis-di-bekasi-terpaksa-ditembak-7MISC5GLPf.jpg Ilustrasi penangkapan pelaku tindak kriminal. (Foto: Shutterstock)

BEKASI – Komplotan begal sadis yang kerap beraksi di wilayah Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tampaknya tidak bisa berulah lagi. Kini mereka harus mendekam di balik jeruji besi usai tertangkap jajaran Unit Reskrim Polsek Cikarang Barat Polres Metro Bekasi.

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat Iptu Awang Parikesit mengatakan penangkapan terhadap para pelaku ini berawal ketika pihaknya menciduk DND (20).

Dari penangkapan DND, pihaknya melakukan pengembangan dan menangkap RB (22). RB ditangkap ketika hendak melakukan balap liar di wilayah Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat.

"RB sempat melawan sehingga kami melakukan tindakan tegas dengan menembak kakinya," jelasnya kepada wartawan dalam keterangannya, Rabu 5 Februari 2020.

Setelah melakukan penangkapan itu, pihaknya kemudian melakukan penangkapan terhadap pelaku lainnya yakni RJ (25), AQL (19), dan UDY (16) beserta barang buktinya.

"Kami juga melakukan tindakan tegas terhadap pelaku RJ," katanya.

Ketika melancarkan aksinya, ungkap dia, para pelaku biasa mengendarai motor mengelilingi setiap wilayah hukum Polres Metro Bekasi sambil mencari target.

"Saat melihat motor yang tengah terparkir di pinggir jalan atau di depan rumah, pelaku langsung beraksi dengan menggunakan kunci T," paparnya.

"Para pelaku merupakan sindikat bongkar-pasang dalam melakukan pencurian dengan TKP yang berbeda-beda," sambungnya.

Kepada polisi, RJ mengaku sudah melakukan aksinya sebanyak 40 kali dan merupakan residivis dengan kasus yang sama sebanyak empat kali.

Para pelaku ini, lanjut dia, sering melakukan aksi begal dengan menggunakan pistol mainan untuk mengancam korbannya.

Pelaku dikenakan Pasal 363 juncto 365 Ayat (1) tentang Pencurian dan Pemberatan ke 4e KUHPidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini