Pemkot Tangerang Fokus Tangani Sampah Pasca-Banjir

Isty Maulidya, Okezone · Sabtu 08 Februari 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 08 338 2165362 pemkot-tangerang-fokus-tangani-sampah-pasca-banjir-nlHIRnwwi4.jpg Petugas ketika membersihkan sampah di Tangerang (foto: Okezone.com/Isty)

TANGERANG - Pascabanjir, Pemerintah Kota Tangerang fokus terhadap pembersihan sampah di wilayah yang terdampak banjir setelah air surut. Ratusan petugas mulai dikerahkan untuk membantu warga membersihkan sampah di wilayah pemukiman dan juga di saluran air yang tersumbat.

"Mayoritas banjir sudah surut di beberapa wilayah perumahan, dan petugas juga disiapkan untuk pengangkutan sampahnya," ujar Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah, Sabtu (8/2/2020).

 Baca juga: Pemkot Tangerang Minta Kerja Sama Berbagai Pihak untuk Penanganan Pasca-Banjir

Pembersihan tersebut juga untuk menghindari penumpukan sampah di saluran air dan meminimalisir warga terjangkit penyakit pasca-banjir. Terlebih lagi, sampah akibat banjir terdiri dari berbagai jenis yang pasti akan mempengaruhi kesehatan warga.

"Sampah banjir ini kan macam-macam, ada barang-barang warga yang terendam banjir lalu tidak bisa digunakan lagi, dan jadi sampah. Ada juga memang sampah rumah tangga, serta kayu ataupun ranting. Pembersihan ini juga dilakukan agar warga tidak terserang penyakit," ujarnya.

Banjir di Tangerang

 Baca juga: Banjir di Wilayah Kota Tangerang Mulai Surut

Pemkot Tangerang juga memfasilitasi warga dengan menerjunkan alat bantu berupa 5 bentor, 10 bison, lima amrol dan 9 drum truk dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, untuk memudahkan warga mengangkut sampah.

"DLH juga sudah menurunkan 100 petugas dan alat bantu agar pembersihan sampah tidak terkendala dan juga cepat selesai" ujarnya.

Sampai hari ini, diketahui dari 4 titik pengakutan yaitu, Total Persada, Taman Elang, Perumahan Garden City, dan Mutiara Peluit sampah yang terangkut sebanyak 48,5 ton. Dan kemungkinan akan terus bertambah sampai seluruh wilayah tergenang banjir surut dan bersih.

Kondisi saat ini sejumlah lalu lintas menuju Total Persada sudah dapat dilalui. Taman Elang juga sudah dinyatakan surut yang tadinya banjir setinggi dada orang dewasa di RW 16. Kondisi Mutiara Peluit juga sudah surut di RW 13. Begitu juga di Garden City yang kini sudah surut di RW 21. Para petugas kebersihan ditahap awal dikerahkan di empat lokasi tersebut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini