Jasad TKA Proyek Meikarta Masih Pakai Alat Keselamatan Kerja

Wisnu Yusep, Okezone · Minggu 09 Februari 2020 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 09 338 2165826 jasad-tka-proyek-meikarta-masih-pakai-alat-keselamatan-kerja-cDBWl2pMP4.jpg ilustrasi

BEKASI - Kondisi jasad Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang tewas di proyek Meikarta lantai 11 blok B-1 tower 153, Cikarang Selatanpada Jumat 7 Februari 2020 masih memakai masker dan alat keselamatan kerja.

Hal tersebut dipastikan Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan berdasarkan hasil pemerikaan sejumlah saksi atas temuan korban bernama Yuan Haisheng (46).

"Itu prosedur lengkap. Ketika ditemukan jaring (penyanggah -red) itu kan dibagian lift. Jaring itu salah satu upaya K3, mungkin karena enggak kuat, jadi jebol," kata Hendra ketika dikonfirmasi, Minggu (9/2/2020).

Bila jaring penyanggah itu kuat, lanjut Hendra, mungkin korban bisa tertahan. Ketika diperiksa, jaring penyanggah itu ternyata sudah berlubang dan korban yang jatuh tidak mampu tertahan.

"Sejauh ini masih kita periksa, dicek jatuh dari lantai berapa apakah lantai 17 dan 16," katanya.

Diketahui, korban tinggal di mes proyek Apartemen Meikarta Blok B-11. Dia tercatat sebagai warga negara China kelahiran Hunan pada 20 September 1974. "Iya (pekerja proyek Meikarta), TKA China, yang memang pekerja proyek tersebut," kata dia.

Ketika disinggung apakah TKA tersebut tewas karena adanya dugaan kekerasan, Hendra mengaku, pihaknya masih mendalami indikasi lain. "Enggak, tapi kita dalami," katanya.

Hendra melanjutkan pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak kedutaan China, mengenai pemulangan jenazah TKA tersebut. "Ini lagi kita cek dimananya, yang jelas kita koordinasi dengan kedutaan juga," kata dia.

Baca Juga : TKA Asal China Ditemukan Tewas di Proyek Meikarta

Diberitakan sebelumnya, TKA asal China ditemukan terageletak di proyek apartemen Meikarta lantai 11 blok B-1 tower 153, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Jumat 7 Februari 2020 pada pukul 19.30 WIB.

Mayat yang diketahui bernama Yuan Haisheng (46) itu pertama kali ditemukan oleh para pekerja dari lantai 17. Mereka mencium bau tak sedap ketika sedang bekerja. Diketahui korban tersebut sudah tiga hari menghilang.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini