nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Kenang Bachtiar Effendy, Dorong Warga Salurkan Pikiran Menjadi Tulisan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 12:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 10 338 2166042 anies-kenang-bachtiar-efendy-dorong-warga-salurkan-pikiran-menjadi-tulisan-Dvpp7JeHtq.jpg Anies dalam peluncuran buku Bahtiar Effendy (Foto: Okezone/Fakhrizal)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang Bahtiar Effendy sebagai sosok yang kerap menuliskan tentang dunia politik dan perjuangan Islam di Indonesia.

"Selama hidupnya, dengan tulisan-tulisan, pemikiran-pemikiran beliau yang khusus terkait dengan dunia politik dan perjuangan umat Islam," kata Anies saat menghadiri peluncuran buku 'Mengenang Sang Guru Politik Prof. Dr. Bahtiar Effendy' di Auditorium KH Ahmad Dahlan Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Anies menilai, Bachtiar Efendy merupakan orang yang berangkat dari tradisi pemikiran demokrasi yang diintegrasikan dengan apirasi umat Islam.

"Yang menarik karena beliau berangkat dari tradisi, pemikiran demokrasi. Beliau melihat bagaimana institusi demokrasi turut berkembang, partai politik turut berkembang dan bagaimana itu bisa diintegrasikan dengan aspirasi umat Islam," ujarnya.

Mantan Mendikbud itu menyatakan tulisan-tulisan Bachtiar Efendy sangat penting bagi demokrasi di Indonesia. Ia pun mengapresiasi diluncurkannya buku tersebut kendati sosok Bachtiar Efendy telah meninggal.

"Saya mengapresiasi tradisi untuk menulis pikiran, pengalaman tentang seorang pribadi yang sudah wafat. Sehingga pengalaman dari yang sudah berpulang bisa ada sepanjang umur," sambungnya.

"Karena kira tahu dengan menjadi tulisan, maka hikmahnya bisa diambil terus menerus. Bila tidak diwujudkan dalam bentuk tulisan, maka yang tahu hanya yang baca, yang pernah berinteraksi," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini