nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahas Rencana Formula E di Monas, Anies Temui Presiden Jokowi Malam Ini

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 18:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 10 338 2166310 bahas-rencana-formula-e-di-monas-anies-temui-presiden-jokowi-malam-ini-wSdtgZzLJM.jpg (Foto: Laman resmi Formula E)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Senin (10/2/2020) malam.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, pertemuan Anies dan Jokowi untuk menindaklanjuti surat Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang akhirnya mengizinkan Formula E di kawasan Monas.

"Rencananya Insya Allah nanti Pak Gubernur mau ketemu Pak Presiden, malam ini," ujar Hari di Balai Kota, Jakarta.

Ia menjelaskan, Anies akan menanyakan beberapa catatan yang disampaikan Komisi Pengarah dalam surat izin penyelenggaraan Formula E di kawasan Monas."Artinya kan dibolehkan (di kawasan Monas), tapi ada beberapa catatan. Nah nanti Pak Gubernur mau minta penjelasan catatan itu kira-kira apa saja, ada beberapa hal yang harus ditanyakan lagi," ujarnya.

Anies Baswedan.

Hari belum bersedia merinci tentang rencana Pemprov DKI menyelenggarakan Formula E di Monas. "Prosesnya kan belum final," singkat Hari.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka mengubah keputusannya dan mengizinkan Pemprov DKI menggelar Formula E di area Monas. Izin mengenai penyelenggaran Formula E di kawasan Monas tertera dalam surat Nomor B-3/KPPKKM/02/2020 yang diteken Menteri Sekretaris Negara yang juga Ketua Komisi Pengarah, Pratikno, pada 7 Februari 2020.

Padahal sebelumnya, Komisi Pengarah melarang Formula E di Monas karena merupakan kawasan cagar budaya.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama membenarkan surat tersebut. Ia menegaskan bahwa surat itu harus menjadi acuan agar penyelenggaraan Formula E di kawasan Monas sesuai aturan perundang-undangan.

"Dalam surat tersebut pada prinsipnya Komisi Pengarah menyetujui Formula E di kawasan Taman Medan Merdeka, dengan memperhatikan dan mematuhi peraturan perundang-undangan," kata Setya.

Meski telah memberikan izin, terdapat empat cacatan Komisi Pengarah terkait penyelenggaraan Formula E:

Pertama, dalam merencanakan konstruksi lintasan tribun penonton dan fasilitas lainnya harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, antara lain UU No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Kedua, Pemprov DKI harus menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pepohonan, dan kebersihan lingkungan di kawasan Medan Merdeka.

Ketiga, menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka. Keempat, Pemprov harus melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan, dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini