nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengunjung Parkir di Jalan, Lalin Sekitar Alun-Alun Kota Depok Sering Macet

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 19:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 10 338 2166343 pengunjung-parkir-di-jalan-lalin-sekitar-alun-alun-kota-depok-sering-macet-Cv65khS0Fg.jpg Kemacetan di jalan sekitar Alun-Alun Kota Depok (Okezone.com/Amril)

DEPOK - Alun-Alun Kota Depok, Jawa Barat kini menjadi primadona. Saban hari ramai dikunjungi masyarakat, bahkan sering membeludak saat akhir pekan. Akibatnya, jalan di sekitar alun-alun kerap macet parah.

Kebanyakan pengunjung datang ke Alun-Alun Kota Depok menggunakan kendaraan pribadi. Masalahnya, pengunjung sering memarkirkan kendaraannya di bahu Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC), karena lahan parkir alun-alun minim dan kerap tak mampu menampung banyak kendaraan. Kemacetan pun terjadi.

Seorang pengguna jalan di Depok, Tumpak Coki (35) mengatakan, banyaknya kendaraan yang parkir di bahu Jalan GDC, membuat ruas jalan semakin menyempit. Itu membuat lalu lintas terganggu dan sering macet parah.

"Banyak mobil dan motor yang parkir di bahu jalan sekitar alun-alun buat macet. Dulu sih enggak gini sejak alun-alun dibuka jadi macet," ucap Coki, Senin (10/2/2020).alun-alun depok

Alun-Alun Kota Depok (Okezone.com/Amril)

Kemacetan paling parah sering terjadi saat akhir pekan, terutama pada pagi, sore hingga malam, karena pengunjungnya paling ramai. Karena jalan menyempit, kendaraan yang melintas di jalan sekitar Alun-Alun Kota Depok bisa terjebak bahkan sampai sejam lebih.

Dia menilai pembangunan alun-alun di atas lahan seluas 3,9 hektar itu tidak memperhitungkan tempat parkir yang cukup bagi pengunjung. Lokasi parkir saat ini tidak sepenuhnya mampu menampung kendaaraan pengunjung.

"Pemkot harusnya perhitungkan secara jangka panjang, kalau pengunjung yang akan datang ke alun-alun itu bisa sampai ratusan orang. Masa lahan 3 hektar lebih tempat parkirnya tidak nampung," paparnya.

Sementara Pemkot Depok belum memberi tanggapannya atas keluhan warga tersebut. Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna dan pejabat Dinas perhubungan Kota Depok belum menjawab Okezone ketika berupaya dikonfirmasi melalui nomor pribadinya terkait kemacetan yang sering terjadi sekitar Alun-Alun Kota Depok.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini