nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Tegaskan Balapan Formula E Tetap Digelar di Monas

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 11 338 2166684 pemprov-dki-tegaskan-balapan-formula-e-tetap-digelar-di-monas-B9yigb3kcv.jpg Sekda DKI Jakarta Saefullah. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E bakal tetap digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, pada 6 Juni 2020. Hal itu sebagaimana diungkapkan Sekda DKI Jakarta Saefullah.

Ia mengatakan penyelenggaraan balapan Formula E bakal digelar di Monas setelah Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang diketuai Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah menyetujui usulan Pemprov DKI.

Baca juga: Jakpro Sudah Pertimbangkan Masukan Pemerintah Pusat untuk Jalur Baru Formula E 

"Per sore kemarin, (penyelenggaraan Formula E) arahnya kembali ke Monas. Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) sudah kasih lampu hijau buat dilaksanakan di kawasan Medan Merdeka," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Ia menjelaskan, sampai saat ini tidak ada rencana perubahan lokasi balapan mobil listrik tersebut. "Hari ini kecenderungannya lebih ke kawasan Medan Merdeka, kan Monas juga termasuk Medan Merdeka," jelasnya.

Baca juga: Anies Sebut Tim Formula E Akan ke Jakarta Tinjau Rute Baru 

Maka itu, kata dia, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan mulai menyiapkan pembangunan infrastruktur Formula E dalam beberapa hari ke depan. Pasalnya, infrastruktur untuk Formula E harus rampung pada April 2020.

"Kalau ada hal-hal yang terganggu dalam rangka persiapan, kami minta pengertiannya sekaligus mohon maaf karena pasti dalam konstruksi ada hal-hal yang terganggu," ucap Saefullah.

Ajang balap mobil listrik Formula E untuk pertama kalinya akan digelar di Jakarta pada 6 Juni 2020. Balapan kendaraan ramah lingkungan itu direncanakan digelar lima tahun berturut-turut pada 2020 sampai 2024.

Rencana awal, rute balapan Formula E akan melintasi area di dalam kawasan Monas dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Baca juga: Bahas Rencana Formula E di Monas, Anies Temui Presiden Jokowi Malam Ini 

Sebelumnya pemerintah pusat melalui Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka melarang ajang balapan Formula E digelar di kawasan Monas karena merupakan kawasan cagar budaya.

Pemprov DKI pun mencari alternatif lokasi yakni di Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Baca juga: Formula E Digelar Selama 5 Tahun Berturut-turut di Jakarta 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini