nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Pemprov DKI Tetap Gelar Formula E Sekitar Monas

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 18:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 11 338 2166909 alasan-pemprov-dki-tetap-gelar-formula-e-sekitar-monas-4M5DIMPgzb.jpg Sekda DKI Jakarta Saefullah memberi keterangan pers (Alifa)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta tetap menggelar ajang balapan Formula E pada 6 Juni 2020 di kawasan Medan Merdeka atau sekitar Monumen Nasional (Monas). Alasannya karena Monas adalah ikon Ibu Kota dan salah satu objek wisata favorit milenial.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, Monas kini termasuk salah satu lokasi yang digandrungi wisatawan terutama kaum milenial, sehingga jika digelar event international seperti Formula E di situ, maka bisa mendatangkan banyak wisatawan.

"Monas ini kan Monumen Nasional, bukan hanya DKI Jakarta, sekali-kali ada event internasional yang digandrungi kelompok milenial, kelompok berbagai usia juga suka juga. Sekali-kali kota tampilan wajah Jakarta, Monas menjadi ikon kota," kata Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Pemprov DKI sejak awal memang menjadikan area Monas sebagai lokasi Formula E. Namun, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka sempat menolak ajang balapan mobil listrik itu digelar di Monas lantaran merupakan kawasan cagar budaya.

 Monas

Belakangan, komisi yang diketuai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno itu akhirnya menyetujui usulan Pemprov DKI tersebut. Artinya, Formula E tetap digelar di Monas, tak jadi di Gelora Bung Karno (GBK) seperti sempat terungkap setelah penolakan pegelaran di Monas.

Baca juga: Tim Formula E Akan ke Jakarta Tinjau Rute Balapan

Saefullah tak merinci lokasi pasti rute Formula E di kawasan Medan Merdeka.

Saefullah mengatakan Pemprov DKI siap diaudit BPK terkait penggunaan anggaran penyelenggaraan Formula E.

"Kalau dinggap ada sesuatu yang perlu diawasi setiap kegiatan besar, kecil, fisik, nonfisik pada akhirnya adalah audit. kita taat kepada audit," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini