45 KRL Hanya Sampai Manggarai, Transjakarta Sediakan 20 Armada Tambahan

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 12 Februari 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 338 2167146 krl-hanya-sampai-manggarai-transjakarta-sediakan-20-armada-tambahan-JQRiUwEqaM.jpg Bus Transjakarta. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA – PT Transjakarta menyediakan 20 armada tambahan yang pemberangkatannya dimulai dari Stasiun Manggarai. Hal itu mengingat ada rekayasa pola operasi 45 Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line sehubungan kegiatan peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota pada 13 hingga 23 Februari 2020.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Nadia Diposanjoyo mengatakan penambahan jumlah armada ini akan diberlakukan pada jam sibuk sehingga headway atau masa tunggu menjangkau frekuensi per 5 menit interval kedatangan.

Baca juga: 45 KRL Bogor dan Bekasi Arah Jakarta Kota Hanya Sampai Manggarai pada 13-23 Februari

"Penambahan pola layanan ini disesuaikan dengan pola operasi yang diberlakukan oleh KRL selama perawatan diperlukan," jelas dia dalam keterangan resminya, Rabu (12/2/2020).

Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Mereka juga mempelajari rencana rekayasa yang diberlakukan KCI selama masa perawatan.

Lalu untuk tetap dapat mengantarkan pelanggan KCI yang ingin memenuhi keperluan perjalanannya akan dilakukan penjemputan dan lanjutkan sesuai tujuan masing masing penumpang.

"Transjakarta sendiri memiliki sebanyak delapan rute khusus yang melintas di Stasiun Manggarai dan rute lain yang dapat digunakan untuk meneruskan perjalanan, di samping penambahan armada yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk melanjutkan perjalanan," terangnya.

Baca juga: Potret Penumpukan Penumpang KRL di Stasiun Akibat Gangguan Wesel di Jakarta Kota 

Tidak hanya itu, lanjut dia, untuk antisipasi pelanggan KRL, Transjakarta juga menambah unit armada dari Stasiun Manggarai dan rute perbatasan seperti Bekasi Timur. Nantinya akan ada sebanyak 20 unit bus lagi yang dikerahkan selama pola operasi berlangsung.

"Kami akan menambah bus mulai pukul 06.00 sampai 09.00 dan 17.00 hingga 20.00 WIB selama 10 Hari ke depan. Evaluasi akan kami lakukan setiap hari apabila diperlukan pola operasi berbeda tentunya akan kami berlakukan sesuai dengan ritme pelanggan yang ada di setiap stasiun selama masa perawatan berlangsung hingga selesai," paparnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini