nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Beli Robot Pemadam Kebakaran Seharga Rp37,4 Miliar

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 21:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 12 338 2167497 pemprov-dki-beli-robot-pemadam-kebakaran-seharga-rp37-4-miliar-HVLdEye3qL.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membeli robot pemadam kebakaran yang dibeli dari Kroasia, dengan harga Rp 37,4 miliar. Harga satu unit alat itu mahal karena dilengkapi berbagai peralatan canggih.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI, Satriadi Gunawan menjelaskan, dalam mengoperasikan mesin itu, petugasnya harus menjalani pelatihan terlebih dahulu dari perusahaan yang menjualnya.

"Kan harus ada beberapa tim. Mesinnya, mekaniknya, operatornya, terus semuanya itu kan dilatih dari Kroasia. Dia harus meyakinkan bahwa barangnya itu benar-benar matang, nanti akan repot kalau seandainya operasionalnya tidak benar, makanya dia meyakinkan bahwa kami harus mampu dan sanggup," kata Satriadi kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).

 Kebakaran

Ia menjelaskan, tujuan pembelian mesin itu untuk mengantisipasi bila ada kebakaran di jalur MRT dan LRT. Sehingga, nantinya dalam memadamkan api tak membutuhkan orang masuk ke dalam terowongan.

"Kalau itu (robot) bisa masuk terowongan, bisa dioperasikan dari jarak jauh untuk keamanan anggota," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, robot itu punya fungsi lain seperti bisa dimanfaatkan untuk menangani kebakaran di kawasan yang mengandung bahan kimia seperti SPBU.

"Kan itu banyak terjadi di luar negeri. Yang berisiko seperti itu, kami menggunakan itu," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini