nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WN China di Tangerang Diimbau Segera Urus Perpanjangan Izin Tinggal

Isty Maulidya, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 13:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 338 2167812 wn-china-di-tangerang-diimbau-segera-urus-perpanjangan-izin-tinggal-AirTMwyCMt.jpg Ilustrasi antisipasi virus korona. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

TANGERANG – Sebanyak 1.067 warga negara asing asal China di wilayah Tangerang harus tinggal lebih lama dan tidak bisa kembali ke negaranya. Hal ini dikarenakan penerbangan dari dan ke China ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Tangerang Felusia Sengky Ratna mengatakan pihaknya telah memberikan imbauan agar para warga negara China segera mengajukan perpanjangan kartu izin tinggal tetap atau terbatas (KITAS) yang masuk perpanjangan darurat selama 30 hari.

Baca juga: Lebih dari 60.000 Kasus Infeksi Covid-19 Dikonfirmasi, Korban Jiwa Tembus 1.350 

"Kami sudah memberikan imbauan agar warga China yang ada di Tangerang segera lakukan perpanjangan KITAS Darurat," ujarnya, Kamis (13/2/2020).

Imbauan tersebut gencar dilakukan karena hingga saat ini baru 50 WN China yang memperpanjang KITAS. Mayoritas WNA melakukan perpanjangan KITAS dengan izin liburan dan bisnis.

Sementara untuk mekanismenya, perpanjangan izin akan diberikan selama 30 hari. Setelah itu, masih menunggu kebijakan selanjutnya.

"Ini gencar kita lakukan, karena dari WNA yang terdaftar, baru 50 warga China yang memperpanjang KITAS-nya. Perpanjangan izin sendiri akan diberikan selama 30 hari," jelasnya.

Baca juga: Hasil Observasi 238 WNI dari China di Natuna Akan Diputuskan 15 Februari 

Tidak hanya itu, Felusia juga menjelaskan bahwa pihak Imigrasi akan memberikan pemberitahuan melalui e-mail apabila izin tinggal hampir habis. Sehingga, mereka bisa melakukan perpanjangan izin dan tidak terlibat pelanggaran keimigrasian.

Pemerintah Indonesia sendiri resmi menutup penerbangan dari dan ke China sejak Rabu 5 Februari 2020. Rute penerbangan yang ditunda antara lain dari dan ke Beijing, Guangzhou Baiyun, Shenzhen Bao'an, Shanghai Pudong, Kunming, Nanning, Haikou Meilan, Fuzhou Changle, dan Xiamen Gaoqi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini