nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Beri Klarifikasi, Harga Robot Pemadam Kebakaran Rp32 Miliar

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 13:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 338 2167828 pemprov-dki-beri-klarifikasi-harga-robot-pemadam-kebakaran-rp32-miliar-w47VaG1adM.jpg Robot pemadam kebakaran DKI Jakarta seharga Rp32 Miliar. (Foto: Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta memamerkan robot pemadam kebakaran jenis MVF-S U3 asal Kroasia, di kantornya di Jalan KH Zainul Arifin, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menklarifikasi info harga pembelian mesin tersebut yang sempat disebutnya Rp37 Miliar. Pihaknya ‘hanya’ mengeluarkan dana sebesar Rp32 miliar, bukan Rp37 miliar.

"Harganya Rp32 miliar untuk (Robot MVF-S U3)," kata Satriadi di lokasi.

(Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Menurut dia, pembelian mesin itu sangat efektif, mengingat sarana dan prasarana di kawasan Ibu Kota sudah mulai mengalami kemajuan, seperti adanya MRT dan LRT. Selain itu, keberadaan mesin itu juga bisa mengurangi kecelakaan petugas saat memadamkan kebakaran.

(Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

"Karena ini kan menggunakan remote control, dari remote control-nya berjarak antara 500 meter sampai 1 KM, jadi minimal risiko bagi tugas saat penangan operasional itu bisa berkurang dari risiko nyawa mereka," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta membeli robot pemadam kebakaran dari Kroasia. Harga satu unit alat itu mahal karena dilengkapi berbagai peralatan canggih. Untuk mengoperasikan mesin itu, petugas Dinas Gulkarmat harus menjalani pelatihan terlebih dahulu dari perusahaan yang menjualnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini