nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berharga Rp40 Miliar, Apa Saja Kecanggihan 2 Robot Pemadam Kebakaran Pemprov DKI?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 14:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 338 2167872 berharga-rp40-miliar-apa-saja-kecanggihan-2-robot-pemadam-kebakaran-pemprov-dki-Uo26yAXJUA.jpg Robot pemadam kebakaran DKI Jakarta seharga Rp32 Miliar. (Foto: Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta punya satu unit robot pemadam kebakaran MVF-S U3 seharga Rp32 miliar dari Kroasia. Selain itu, Dinas Gulkarmat juga membeli robot jenis LUF 60 seharga Rp8 miliar dari Austria. Total harga dua robot itu Rp40 miliar.

Berdasarkan pantauan Okezone di Gedung Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Kamis (13/2/2020), kedua robot saat tak digunakan diletakkan di atas truk. Dua robot yang sama-sama dicat merah itu mempunyai keunggulan berbeda.

Saat akan digunakan, robot itu diturunkan menggunakan remote control yang dipegang oleh salah satu petugas, dengan jarak terjauh mencapai 500 meter. Robot MVF-S U3 berbentuk seperti tank kecil dengan dua capit di bagian depannya. Capit itu digunakan untuk mengangkut barang-barang berat sisa kebakaran.

Alat itu menampung air sebanyak 2.500 liter dan punya pompa yang mampu menekan air ke atas hingga 15 bar. Sehingga dalam operasi pemadaman, robot ini mampu menyemprotkan air sejauh 55 meter.

(Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Ketika sedang beroperasi, robot ini bisa bertahan enam jam nonstop. Robot yang bisa bertahan di kemiringan 20 derajat itu juga mampu meliuk-liuk di antara traffic cone yang ada di lapangan. Kecepatanmaksimal robot ini 10 Km/jam.

(Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Sementara itu, robot jenis LUF 60 memiliki keunggulan lain. Lebarnya tampak lebih kecil, yaitu 135 cm. Keuntungannya robot ini bisa digunakan untuk memadamkan api kebakaran di gang-gang kecil.

Tak hanya itu, alat ini juga berfungsi untuk memadamkan si jago merah di beberapa fasilitas umum, seperti MRT dan LRT.

(Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

"Karena tantangan ke depan LRT dan MRT kan kita ini menjadi jawaban bila terjadi suatu bencana itu, kita punya peralatan mempuni, jadi ini salah satu persyaratan juga, negara atau daerah (memilikinya)," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan di kantornya.

Robot LUF 60 memiliki daya tampung tangki air sebanyak 2.400 liter. Alat tersebut mempunyai ventilator fan dengan kecepatan maksimal 165 Km/jam. Sehingga, alat mampu menyedot asap jika terjadi kebakaran di sebuah terowongan. Tak hanya itu, daya jangkau semprot air yang dikeluarkan dari LUF 60 mencapai 70 meter.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini