Selundupkan 9 Kg Daun Khat, WN Yaman Ditangkap di Bandara Soetta

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 13 Februari 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 13 338 2167886 selundupkan-9-kg-daun-khat-wn-yaman-ditangkap-di-bandara-soetta-YYzYGfrASx.jpg (Foto: Okezone.com/Isty Maulida)

TANGERANG - Seorang WNA asal Yaman, AA diamakan petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) karena kedapatan membawa daun khat atau teh arab seberat 9,3 Kg. Daun khat dibawa oleh AA melalui terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta dan disembunyikan dengan kemasan daun henna.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Adi Ferdian Saputra mengungkapkan, daun tersebut akan digunakan oleh relasi AA sesama warga Yaman dan warga Arab Saudi yang berada di Puncak, Bogor. Mereka biasa mengkonsumsi daun khat dengan cara diseduh dan dicampur dengan daun teh.

"Berdasarkan pengakuan tersangka, daun khat tersebut akan digunakan bersama-sama dengan relasinya yang ada di Puncak, Bogor. Mereka memakai daun khat itu untuk minum teh," jelas Adi di Mapolresta Bandara Soetta, Kamis (13/02/2020).

(Foto: Okezone.com/Isty Maulida)

Efek yang ditimbulkan dari penggunaan daun khat ini mirip dengan efek ganja, seperti halusinasi dan euforia berlebih, serta menimbulkan ketergantungan. Daun khat juga mengandung zat katinon yang termasuk dalam Narkotika golongan 1.

"Daun khat mengandung katinon. Efek yang ditimbulkan sama seperti ganja, yang bisa membuat fly (berhalusinasi)" jelasnya lagi.

Saat ini, pelaku sudah ditangani Polresta Bandara Soekarno-Hatta untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 Undang-undang No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling tinggi penjara seumur hidup atau hukuman mati.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini