nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imbas Virus Korona, Wisatawan ke Ibu Kota Turun Drastis

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 07:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 338 2168205 imbas-virus-korona-wisatawan-ke-ibu-kota-turun-drastis-fs3ErsAJbv.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Mewabahnya virus korona Covid-19 dipastikan berdampak di sektor pariwisata yang ada di Jakarta. Jumlah pelancong yang ingin berwisata ke berbagai destinasi pariwisata di Ibu Kota dipastikan menurun.

"Pastinya ada (penurunan)," ujar Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Cucu Ahmad Kurnia kepada Okezone, Jumat (13/2/2020).

Baca juga: WNI Diobservasi Virus Korona di Natuna Akan Dipulangkan pada 15 Februari 

Cucu menjelaskan, pihaknya belum mendapat data yang akurat dari Badan Pusat Statistik (BPS) tentang penurunan jumlah wisatawan yang ada di Ibu Kota setelah mewabahnya virus korona Covid-19.

 Baca juga: Pemulangan WNI yang Diobservasi di Natuna Tanpa Acara Seremonial

Namun, ia memprediksi penurunan wisatawan tersebut bisa berlangsung secara drastis lantaran turis asal China dan Singapura telah banyak yang menunda berlibur ke Ibu Kota.

"Kalau dari obrolan sama teman hotel dan travel agent turis dari China sama Singapura yang banyak cancel itu sekitar 60 sampai 70 persen," ungkapnya.

Cucu menerangkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi agar wisatawan tidak takut berkunjung ke Jakarta. Menurut dia, Pemprov DKI sudah melakukan mitigasi agar pelancong tidak khawarit untuk berlibur ke Ibu Kota.

"Kita sudah sosialisasi ke pelaku industri pariwisata masalah mitigasi apabila ada suspect korona bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Hal ini untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan bahwa kita siap untuk bila ada masalah yang tidak kita harapkan," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini