Petugas Angkut Material Terkontaminasi Radioaktif di Perumahan Batan

Hambali, Okezone · Minggu 16 Februari 2020 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 338 2169205 petugas-angkut-material-terkontaminasi-radioaktif-di-perumahan-batan-XEslqRbaBw.jpg Petugas sedang mengambil material terkontaminasi radioaktif di Perumahan Batan, Tangerang Selatan (Foto: Okezone/Hambali)

TANGSEL - Petugas gabungan dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) melakukan proses clean up atau pembersihan terhadap material tanah yang terkontaminasi limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (16/2/2020).

Sejumlah petugas mengenakan masker dan pakaian khusus nampak sibuk mengangkut segala material yang berada dekat titik hotspot limbah radioaktif di lokasi. Material itu dimasukkan ke dalam drum berwarna kuning, lalu diangkut ke atas truk besar milik Batan.

"Pagi ini sampai siang, akan mengambil sisa-sisa tanah yang masih mengandung zat radioaktif untuk dibawa ke Batan untuk diolah," ujar Kepala Biro Humas dan Kerjasama Batan, Heru Umbara.

Baca Juga: Radiasi Radioaktif di Tangsel Bukan dari Reaktor Nuklir

Dilanjutkannya, setelah memindahkan material tanah itu pihak Bapeten ataupun Batan akan melakukan mapping kembali untuk bisa menilai apakah area tersebut sudah bisa dinyatakan aman dari paparan radiasi.

"Nah, selain itu tentunya kita juga akan melakukan identifikasi lanjutan. Apakah setelah yang nanti kita pindahkan masih ada paparan yang masih melebihi. Itu kita lakukan berikutnya, setelah kita memindahkan tanah yang terkontaminasi," ujarnya.

Radiasi Radioaktif Foto: Okezone/Heru Haryono

Lebih lanjut dikatakan Heru, batas dari trotoar sampai lapangan voli yang berada persis di sisi lapangan yang diberi garis batas dianggap aman untuk dilalui. Hanya saja, ungkap dia, aktivitas itu tidak boleh 24 jam terus-menerus berada di lokasi.

"Nggak apa-apa, jadi disini ada batasan amannya, toleransinya. Asal jangan 24 jam terus-terusan. Jadi kami sudah mengimbau ke warga di sini, silakan beraktivitas seperti biasa. Yang menjadi mungkin perhatian, jangan masuk ke tengah," ucapnya.

Baca Juga: Perumahan Batan Indah Terpapar Radiasi Radioaktif, Warga Kompak Bilang Aman

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini