nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemilik Cesium 137 yang Paparkan Radiasi Radioaktif di Batan Indah Masih Misteri

Hambali, Okezone · Minggu 16 Februari 2020 18:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 16 338 2169374 pemilik-cesium-137-yang-paparkan-radiasi-di-batan-indah-masih-misteri-MHwLmRue9B.jpg Perumahan Batan Indah terpapar limbah radioaktif (Foto : Okezone.com/Hambali)

TANGERANG SELATAN - Paparan radiasi di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan, bersumber dari serpihan limbah radioaktif yang tertanam di dalam tanah bagian depan perumahan. Limbah tersebut diketahui mengandung Cesium 137.

Namun hingga saat ini, baik Bapeten ataupun Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) belum mengetahui siapa pemilik Cesium 137 itu. Meskipun, kedua lembaga itu sebenarnya memiliki data bagi siapapun yang akan menggunakan Cesium 137.

"Jadi itu adalah radioaktif buatan. Artinya apa? secara alamiah tidak mungkin kok di suatu daerah ada cesium 137. Kecuali di sana ada pemanfaatan misalkan," ungkap Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Bapeten, Abdul Qohhar, kepada Okezone, Minggu (16/2/2020).

Pihaknya tak mau menduga-duga siapa pemilik Cesium 137 itu. Karena, kata dia, butuh investigasi mendalam yang melibatkan banyak pihak untuk mengetahuinya. Walaupun disebutkan, pengguna Cesium 137 salah satunya adalah industri kertas dan baja.

"Pertanyaan ini bisa sampai ke sini, ini pertanyaan berikutnya, nanti menunggu proses investigasi. Apakah itu unsur kesengajaan atau unsur ketidaksengajaan?" jelasnya.

Baca Juga : Ini Perbedaan Radiasi di Batan Indah dengan Fukushima dan Chernobyl

Lebih lanjut dia memastikan, bahwa seluruh fasilitas reaktor nuklir milik Batan dalam kondisi aman. Hal itu untuk membantah kabar bahwa paparan radiasi yang muncul di Perumahan Batan Indah diakibatkan kebocoran radiasi reaktor nuklir.

"Saya sampaikan, sampai hari ini status seluruh fasilitas kondisiinya normal, tidak ada apa-apa," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini