Dukung Pelarangan Ondel-Ondel untuk Ngamen, Fraksi Golkar : Harusnya Dapat Tempat Terhormat

Achmad Fardiansyah , Okezone · Senin 17 Februari 2020 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 17 338 2169453 dukung-pelarangan-ondel-ondel-untuk-ngamen-fraksi-golkar-harusnya-dapat-tempat-terhormat-9SjeS94yKp.jpg Ondel-ondel. (Foto : Dok Okezone.com)

JAKARTA โ€“ Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta bakal mendukung penuh Pemprov DKI yang melarang penggunaan ondel-ondel untuk mengamen di jalanan Ibu Kota. Fraksi Golkar menilai ondel-ondel merupakan ikon Ibu Kota sehingga sepatutnya diberikan tempat terhormat.

โ€œGolkar setuju (Langkah Pemrov DKI melarang). Karena ondel-ondel itu ikon Betawi atau Jakarta yang harus mendapatkan tempat terhormat. Jadi tidak boleh disalahgunakan untuk kepentingan sesaat dan pragmatis saja,โ€ kata Ketua Fraksi partai Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco kepada Okezone, Senin (17/2/2020).

Basri melanjutkan, selain memberantas penyalahgunaan ondel-ondel, pihaknya meminta Pemprov DKI Jakarta gencar mempromosikannya. Hal ini bertujuan agar kebudayaan Betawi khususnya ondel-ondel tidak terkikis oleh zaman.

โ€œYang perlu digalakkan sekarang adakah peningkatan promosi budaya Betawi dalam persiapan Jakarta menjadi kota wisata dan bisnis? Jadi harus ada aturan yang jelas dan harus dicarikan wadah pelestarian budaya Betawi melalui event dan pagelaran dan lomba-lomba,โ€ tuturnya.

Ondel-ondel. (Foto : Okezone.com/Arif Julianto)

Sebagamana diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan menindak pengamen yang menggunakan ondel-ondel di jalanan Ibu Kota.

Selain Fraksi Golkar DPRD DKI, Pemprov DKI juga mendapatkan dukungan dari ormas Betawi seperti Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dan Barisan Jawara dan Pengacara (Bang Japar).

Ormas-ormas kedaerahan itu mengaku setuju dengan adanya niat dari Pemprov DKI untuk merevisi Peraturan Daerah DKI nomor 4 tahun 2015 tentang Kelestarian Budaya Betawi.

Di kesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Hendri Wardana mengaku penggunaan ondel-ondel untuk mengemis itu akan menyakitkan hati warga Betawi. Pasalnya, aktivitas itu tak sesuai dengan nilai leluhur mereka.


Baca Juga : Fakta Ondel-Ondel Betawi yang Digunakan untuk Mengamen

โ€œOndel-ondel itu jelas kalau dibuat untuk mengamen atau mengemis, itu menyakitkan hati, melukai orang yang memiliki etnis Kebetawian termasuk saya,โ€ kata Iwan, beberapa waktu lalu.


Baca Juga : Dinas Kebudayaan Sebut Ondel-Ondel Dipakai Ngamen Menyakiti Hati Orang Betawi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini