nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Siapkan Penghargaan untuk Polisi yang Gendong Penumpang Transjakarta

Alfina Nuraini, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 13:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 17 338 2169663 polda-metro-siapkan-penghargaan-untuk-polisi-yang-gendong-penumpang-transjakarta-0uxlV1JSnA.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo memuji tindakan anak buahnya, Bripka Sigit, yang menggendong pria paruh baya terkena serangan jantung, beberapa hari lalu. Atas dasar itu, Bripka Sigit mendapatkan penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia, Senin (17/2/2020).

Kombes Sambodo pun mengatakan, dirinya juga memastikan kepada pimpinan agar memberikan penghargaan kepada Bripka Sigit.

“Ya nanti itu, (kenaikan pangkat) salah satu bagian yang akan kita usulkan kepada pimpinan. Kan bentuk penghargaan bisa macam-macam. Bisa penghargaan dari Kapolri, Kapolda, penghargaan kelanjutan sekolah, atau kenaikan pangkat," kata Sambodo kepada wartawan.

"Bentuknya apa tentu kita akan rencanakan untuk beliau pasti yang terbaik," lanjut Sambodo.

 Baca juga: Polisi Gendong Penumpang Transjakarta Diganjar Penghargaan dari Ombudsman

Diketahui, penghargaan tersebut diserahkan langsung Oleh ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai kepada Bripka Sigit Prabowo. Ombudsman menilai tindakan yang dilakukan Bripka Sigit itu sebagai hal yang luar biasa.

Dalam pemberian penghargaan tersebut, Bripka Sigit menceritakan momen ketika dirinya secara spontan menggendong seorang warga yang terkena serangan jantung usai mendapat laporan, dia langsung menuju halte Transjakarta Harapan Kita, Jumat 14 Februari 2020.

 

Di lokasi ia melihat warga tengah berkerumun. Dalam situasi bingung dan panik, Sigit dengan spontan meminta warga menaikkan korban ke punggungnya. Sigit lantas berlari sambil menggendong korban.

“Beliau menggedong secara refleks dari halte manuju rumah sakit sejauh 200 meter, itu sangat luar biasa, tapi apapun itu bagi Ombudsman kami melihat ini sesuatu yang luar biasa, bukan hal yang remeh terlebih ini kan menggendong orang terkena serangan jantung bila terlambat sedikit bisa fatal,” kata Amzulian Rifai.

Menurut Amzulian, meyakini aksi Bripka Sigit spontan karena dasar ikhlas. Serta tindakannya tersebut patut menjadi inspirasi bagi publik.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini