Hari Ini, DPRD DKI Akan Putuskan Pemilihan Wagub Dilakukan Terbuka atau Tertutup

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 18 Februari 2020 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 338 2170058 hari-ini-dprd-dki-akan-putuskan-pemilihan-wagub-dilakukan-terbuka-atau-tertutup-8e5smkfma2.jpg

JAKARTA – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik mengatakan, pihaknya akan kembali menggelar Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) pada hari ini, Selasa (18/2/2020).

Agendanya adalah memutuskan soal pemilihan wakil gubernur (wagub) dilakukan secara tertutup atau terbuka.

“Ada usulan supaya terbuka, besok (hari ini) kita akan putuskan," kata Taufik kepada Okezone, Selasa (18/2/2020).

Ia mengakui pihaknya mengusulkan pencoblosan terbuka saat proses pemilihan pengganti Sandiaga Uno di parlemen Kebon Sirih nanti. Hal tersebut sebagai wujud pertanggungjawaban seluruh anggota parlemen Kebon Sirih kepada para konstituennya.

“Kalau ini dipilih oleh DPRD. Dprd itu wakil rakyat, dia mesti reporting terhadap pemilih dia, itu terbuka. Biar jelas,” ujarnya.

Baca Juga: Intip Skenario Pemilihan Wagub DKI

Sebelumnya, Penasehat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi mengatakan, pihaknya menolak usulan Partai Gerindra yang ingin proses pencoblosan wakil gubernur di parlemen Kebon Sirih dilakukan secara terbuka.

Hal itu untuk menjaga iklim demokrasi yang baik, sehingga masing-masing anggota dewan melakukan pemilihan di bilik tertutup.

“Menjaga hak demokrasi bebas dan rahasia sebaiknya dilakukan secara tertutup. Masing-masing anggota dewan memilih di bilik yang tertutup,” kata Suhaimi kepada Okezone, Minggu 2 Februari 2020.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini