nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hujan Jadi Kendala Petugas Bersihkan Area Terpapar Radiasi di Batan Indah

Hambali, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 11:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 18 338 2170179 hujan-jadi-kendala-petugas-bersihkan-area-terpapar-radiasi-di-batan-indah-ajH7Vm6ww9.jpg Petugas bersihkan area yang diduga terpapar radiasi di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan. (Foto : Okezone.com/Hambali)

TANGERANG SELATAN – Petugas Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) maupun Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) terus membersihkan area terpapar radiasi di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel).

Total sebanyak 115 drum berisi material tanah dan vegetasi yang diindikasikan terpapar radiasi telah dipindahkan ke tempat penyimpanan limbah radioaktif.

Dalam membersihkan area terpapar radiasi, petugas kerap terkendala cuaca hujan hingga menyebabkan prosesnya tertunda. Kondisi permukaan tanah yang basah bisa menimbulkan risiko adanya kontaminasi dari limbah radioaktif di lokasi.

"Kegiatan clean up pada hari Senin (17/02) dihentikan sementara karena hujan turun. Kegiatan ini terpaksa dihentikan sementara mengingat kondisi tanah yang basah dan menyulitkan pekerja memindahkan tanah ke dalam drum," tutur Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara, Selasa (18/2/2020).

Suasana Terkini Lokasi Terpapar Radiasi Radioaktif di Tangsel

Sebenarnya, pada Senin kemarin ditargetkan ada 100 drum berisi material diangkut dari lokasi. Namun di tengah proses, hujan deras turun mengguyur hingga clean up dihentikan sementara.

Hal yang sama terjadi pada hari-hari sebelumnya. Hujan menghentikan upaya petugas gabungan membersihkan area paparan radiasi yang berada di dalam garis pembatas.

Baca Juga :

"Semoga proses clean up berikutnya dapat berjalan lancar dan cuaca mendukung, sehingga proses ini segera selesai, dan masyarakat tidak merasa terganggu dengan kegiatan ini," ujar Heru.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini