nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paparan Radiasi di Perum Batan Indah Tangsel Turun hingga 90%

Hambali, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 13:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 18 338 2170242 paparan-radiasi-di-perum-batan-indah-tangsel-turun-hingga-90-vxRPbrOupz.jpg Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Heru Umbara. (Foto : Okezone.com/Hambali)

TANGERANG SELATAN – Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Heru Umbara, menyebutkan jumlah paparan radiasi di area Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), menurun signifikan.

"Jadi kalau dari segi penurunannya di atas 90%. Tinggal kira-kira 10% lagi. Sekarang 90% lagi, angkanya mencapai 7 mikro sivet per jam dari 200 mikro sivet," katanya kepada wartawan di lokasi, Selasa (18/2/2020).

Ia menjelaskan, penurunan paparan radiasi itu terjadi setelah proses clean up hingga hari ke-6 hari ini. Total sebanyak 115 drum berisi material tanah dan vegetasi yang telah diangkut kemarin, lalu ditambah lagi hari ini sebanyak 57 drum. Sehingga secara keseluruhan telah mencapai 172 drum pada siang ini, pukul 13.00 WIB.

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Heru Umbara. (Foto : Okezone.com/Hambali)

"Ini memang terlihat sekali progresnya. Sehingga saya berharap dalam waktu dekat, beberapa hari ke depan, daerah ini sudah clean sehingga kita bisa lakukan langkah berikutnya remediasi. Untuk nanti siang, kita akan melanjutkan proses pengangkutan tanah yang masih tergunduk di sana," kata Heru seraya menunjuk ke arah dalam garis batas.

Saat ini, penggalian di titik hotspot telah mencapai kedalaman 80 sentimeter (cm). Petugas, kata Heru, akan menambahkan galian sedalam 20 cm kembali hingga mencapai kedalaman 100 centi atau 1 meter.


Baca Juga : Bahas Radiasi di Batan Indah, Wali Kota Airin Rapat Bareng Menristek

"Mungkin kita akan meneruskan sampai benar-benar itu sampai 1 meter. Jadi kira-kira mungkin besok, tadi saya sudah berkoordinasi dengan tim teknis supaya benar-benar clean kita tambah mungkin 20 senti lagi," ujarnya.


Baca Juga : Hujan Jadi Kendala Petugas Bersihkan Area Terpapar Radiasi di Batan Indah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini