Ini Tindakan Setelah Pembersihan Area Terpapar Radioaktif di Tangsel Rampung

Hambali, Okezone · Selasa 18 Februari 2020 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 338 2170338 ini-tindakan-setelah-pembersihan-area-terpapar-radioaktif-di-tangsel-rampung-EhfXfW64Zk.jpg (Foto: Okezone.com/Hambali)

TANGSEL - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menyatakan akan segera merampungkan proses clean up atau pembersihan di area terpapar radiasi limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel).

Saat ini paparan radiasi telah menurun hingga 90 persen, atau setara dengan 7 mikro sivet per jam. Progres itu tercapai setelah proses clean up memasuki hari ke-6, Selasa (18/2/2020).

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara mengatakan, jika area yang diduga terpapar radiasi limbah radioaktif dinyatakan bersih, maka pihaknya akan langsung memulai tahapan remediasi.

Infografis Okezone.

"Remediasi belum dimulai. Proses remediasi itu kan cuma pemulihan ya, nguruk lubang, meratakan, dan lain-lain. Remediasi itu kalau sudah ada pernyataan nanti bahwa daerah ini sudah bersih," katanya di lokasi.

Penimbunan lubang dalam remediasi bisa menggunakan tanah dari mana saja, asalkan tanahnya sudah dicek dan tak mengandung paparan radiasi di atas ambang wajar.

"Mungkin tanah dari luar atau dari mana. Yang penting nanti sebelum diurug tanah yang akan dibawa ke sini harus dicek lagi. Jangan sampai tanah yang kotor ditaruh di sini," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini