nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkat Kemacetan di Jakarta Menurun, Anies Baswedan: Alhamdulillah

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 13:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 19 338 2170810 tingkat-kemacatan-di-jakarta-menurun-anies-baswedan-alhamdulillah-y6RfeW4vja.PNG (Foto: Instagram @mrtjakarta)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut tingkat kemacetan di Jakarta menurun. Hal tersebut dikatakannya berdasarkan indeks kemacetan yang dikeluarkan oleh situs penyedia informasi kemacetan kota dunia, Tomtom.

Dalam indeks yang dikeluarkan Tomtom, peringkat kemacetan Jakarta turun peringkat, yang semulanya dari nomor 7 pada tahun 2018, menjadi nomor 10 pada 2019. Anies lewat akun Instagram-nya, @aniesbaswedan mengucapkan rasa syukurnya.

"Alhamdulillah, kita kembali turun 3 peringkat, sesudah turun dari peringkat 4 di 2017 ke peringkat 7 di 2018 dan sekarang peringkat 10 di 2019. Kita berharap terus turun hingga keluar dari 10 besar kota termacet dunia," tulis Anies pada keterangan unggahannya, Selasa (19/2/2020).

Baca juga: Gelar Sidak, Pemprov DKI Ancam Pidanakan Oknum Penimbun Masker

Anies mengunggah kembali foto dari PT MRT yang disertai ucapan terima kasih. "Terima kasih masyarakat, tingkat kemacetan Jakarta telah berkurang," tulis akun Instagram @mrtjakarta, yang dinukil Anies di akunnya.

Meski mengklaim kemacetan di Jakarta telah berkurang karena turun peringkat. Namun jika dibandingkan dengan 2018, tingkat kemacetan di Jakarta tidak berkurang, yakni masih mencapai 53 persen dan tidak mengalami perubahan sampai 2019.

Perubahan tingkatan kemacetan kota Jakarta yang menurun menjadi peringkat 10 dikarenakan masuknya beberapa kota-kota lain, yakni Bengaluru dari India, Manila dari Filipina dan Pune dari India.

Pada indeks Tomtom, Bengaluru yang baru masuk di tahun ini langsung menduduki peringkat pertama dengan tingkat kemacetan 71 persen. Begitu juga Manila yang memiliki tingkat kemacetan 71 persen, menduduki peringkat dua.

Kemudian, kota Pune sendiri yang juga baru masuk langsung mendapat predikat kota termacet kelima di dunia dengan tingkat kemacetan 59 persen.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini