Ungkap Pemilik Limbah Radioaktif, Polri Masih Tunggu Hasil Labfor

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 20 Februari 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 338 2171210 ungkap-pemilik-limbah-radioaktif-polri-masih-tunggu-hasil-labfor-9k9zY57u1l.JPG Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra (Foto: Okezone.com/Puteranegara)

JAKARTA - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra menyatakan, pihaknya menunggu hasil laboratorium forensik (labfor) terkait dengan radiasi radioaktif yang ditemukan di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel).

"Masih menunggu, kami bersinergi dengan Bapeten, kami harus bersama-sama," ujar Asep, di Jakarta, Rabu 19 Februari 2020.

Asep mengaku belum bisa mengetahui berapa lama uji labfor tersebut akan rampung. Pasalnya, polisi masih tetap menunggu hasil pemeriksaan.

"Sangat tergantung, namanya secara kimiawi akan perlu waktu, ada prosesnya, reaksinya, uji cobanya pasti perlu waktu," kata dia.

Baca juga: 199 Drum Material Diangkut dari Area Terpapar Radiasi di Batan Indah

Lokasi Terpapar Radiasi Radioaktif

Sejumlah lembaga terpaksa harus dilibatkan untuk mengungkap pemilik limbah radioaktif Cesium 137 yang ditemukan di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel).

Beberapa institusi itu di antaranya adalah Mabes Polri, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) hingga Badan Intelijen Negara (BIN). Hal tersebut harus melalui proses penyelidikan dan investigasi yang lebih mendalam untuk mencari tahu siapa pemilik limbah radioaktif itu.

Sebelumnya, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menyatakan serpihan Cesium 137 bercampur material tanah di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), beratnya tak sampai 500 gram.

Lokasi Terpapar Radiasi Radioaktif

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, menerangkan, limbah radioaktif Cesium 137 yang tertanam jumlahnya sangat sedikit dan sudah bercampur material tanah.

Baca juga: Asal Muasal Limbah Radioaktif Cesium 137 di Tangsel Masih Misteri

"Serpihan sangat sedikit sebenarnya sih. Karena dia bentuknya sudah bercampur tanah. Kayaknya di bawah (500 gram) itu lagi, di bawah itu lagi," kata dia.

Namun begitu, Indra tidak bisa merinci berapa ukuran berat dari serpihan Cesium 137 yang tertanam di lokasi. Menurutnya, untuk mengetahui lebih lanjut soal keberadaan Cesium itu nanti kewenangannya ada di pihak kepolisian.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini