nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies: Warga Jakarta Harus Mampu Mengolah 30 Persen Sampah Rumah Tangga

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 16:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 21 338 2172170 anies-warga-jakarta-harus-mampu-mengolah-30-persen-sampah-rumah-tangga-o0Y6Ebl7kN.jpg Anies Baswedan (Foto: Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warganya mengelola 30 persen sampah rumah tangga. Sedangkan 70 persen sisanya, akan diolah melalui Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), atau dimanfaatkan kembali dengan nilai tambah ekonomis, seperti menjadi energi.

"Kalau kita bisa mengelola sampah ini dengan baik, Insya Allah lingkungan hidup kita menjadi lebih sehat, anak kita, keluarga, dan masyarakat juga tumbuh lebih baik," ujarnya saat menghadiri Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Anies menyebut, sampah harus dipandang sebagai sisa hasil aktivitas sehari-hari yang dapat dimanfaatkan kembali.

“Yang harus kita bangun di Jakarta ini adalah perubahan cara berpikir, bahwa dalam semua kegiatan kita, ada yang kita ambil, ada yang disebut sisa. Residu atau sisa. Sisa itu bisa digunakan kembali. Karena itu, pesan hari ini adalah ‘Kupilah’. Ku-nya Kurangi. Pi-nya Pilah. Lah-nya Olah. Kurangi, Pilah, Olah. Reduce, reuse, recycle,” ucapnya.

Anies Baswedan. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Ia menjelaskan, ekologi dan ekonomi sejatinya dapat berjalan beriringan, lantaran memiliki kata dasar yang sama, yaitu oikos atau rumah tangga. Karena itu, ia berharap agar perekonomian juga semakin bergerak melalui pemanfaatan tata kelola sampah.

"Saya berharap nantinya Jakarta bebas dari sampah. Tempatnya kita pilah. Gambar di sini saya rasa mencerminkan ada sampah organik, sampah kertas, sampah elektronik, sampah beracun, sampah plastik, sampah logam, sampah residu rumah tangga. Ini semua adalah sisa-sisa yang harus kita pilah dari awal," kata dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini