nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei LKSP Nurmansjah Lubis Ungguli Riza Patria di Cawagub DKI Jakarta

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 16:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 22 338 2172578 survei-lksp-nurmansjah-lubis-ungguli-riza-patria-di-cawagub-dki-jakarta-gQbFqYX1VA.jpg Cawagub DKI, Nurmansjah Lubis (foto: ist)

JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) melakukan survei untuk mengetahui persepsi publik, soal dua nama yang menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Keduanya yakni calon dari Gerindra Ahmad Riza Patria dan PKS Nurmansjah Lubis. Hasilnya calon yang diusung PKS lebih populer ketimbang Riza Patria.

"Memang kalau dari top of mind, Nurmansjah Lubis lebih tinggi dari Bang Riza," kata peneliti LKSP Hafidz Muftisany dalam diskusi MNC Trijaya 'Nanti Kita Cerita Tentang Wagub Hari ini' di Ibis Tamarin, Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Ia mengatakan, Bang Ancah -sapaan akrabnya- berada diangka 55%. Sementara Riza Fatria berada diangka 16,6%.

 Baca juga: Gerindra Sambut Positif Usulan Libatkan KPK dalam Pemilihan Wagub DKI

Ia mengatakan, pihaknya juga memberikan pertanyaan kepada responden soal pemilihan Wagub DKI Jakarta. Hasilnya, cuma sebesar 61% responden yang mengetahui akan adanya pemilihan Wagub DKI Jakarta.

"Padahal sekelas Jakarta yang orientasi medianya masih ada 39% masyarakat yang tidak mengerti bahwa pemilihan Wagub di DPRD DKI," ujarnya.

Selain itu, lanjut Hafidz, responden juga banyak yang menjawab mulai dari Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Tri Rismaharini sebagai calon Wagub di Ibu Kota.

 Baca juga: Gerindra Targetkan Wagub Terpilih pada Awal Maret

"Jadi pertanyaan terbuka masih ada yang menjagokan dari Sandi Uno, AHY, dan Risma. Jadi (kesimpulannya) 61 persen responden tidak mengikuti pemberitaan Wagub DKI secara intens," imbuhnya.

Menurut Hafidz, survei LKSP mendapati bahwa Nurmansjah Lubis masih ungguli Ahmad Riza Patria dari berbagai indikator.

"41 persen ingin Wagub yang berintegritas kemudian kemampuan memimpin itu ada diurutan nomor dua diangka 38 persen. Selanjutnya kecocokan dengan Pak Anies 14 persen," tuturnya.

Adapun survei LKSP dilakukan seluruh wilayah administratif Jakarta dengan melibatkan 400 responden pada 9-16 Februari 2020. Margin of error survei ini diangka 4,9 hingga 5% dengan tingkat kepercayaan 95% dengan menggunakan metode modified probability sampling.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini