nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir RSCM Disebabkan Saluran Tak Mampu Tampung Air Hujan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 17:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 23 338 2172908 banjir-rscm-disebabkan-saluran-tak-mampu-tampung-air-hujan-AND6tMRaGY.jpg Kepala Dinas Pennaggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan. (Foto : Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA – Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menyebut banjir yang terjadi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, lantaran saluran pembuangan air yang dimiliki RSCM tak cukup menampung air hujan yang cukup deras.

"Setelah kami cek, ternyata memang ada daya tampung yang dekat dengan ruangan radiologi. Yang karena tidak tertampung, kemudian air melimpah ke ruangan itu," kata Satriadi di lokasi, Minggu (23/2/2020).

Ia menjelaskan, pipa saluran pembuangan air terlalu kecil sehingga debit air tak tertampung lagi dan hasilnya air menggenang di ruangan radiologi.

"Saluran ke pembuangan itu pipanya terlalu kecil. Jadi sementara kami tempatkan unit portabel. Jadi kami bikin rekayasa baru lagi," ujarnya.

Banjir di RSCM. (Foto : Okezone.com/Fadel Prayoga)

Ia mengaku belum bisa memastikan apakah ada pipa saluran yang tersumbat. Kini, untuk mengantisipasi terulangnya peristiwa serupa pihaknya menempatkan pompa selang penyedot air.

"Yang pasti kami sudah antisipasi dengan menempatkan pompa portabel dan selang baru lagi. Nanti seandainya ada curah hujan, saya sudah latih mereka untuk bisa mengoperasionalkan satu pompa," katanya.

Sebagaimana diketahui, Direktur Pengembangan dan Pemasaran RSCM Ratna Dwi Restuti menyebut insiden kebanjiran yang terjadi hari ini merupakan peristiwa yang pertama kalinya.


Baca Juga : RSCM: Alat Medis yang Terpapar Banjir Belum Ditemukan Kerusakan Berarti

Ia menduga genangan air itu datang lantaran curah hujan yang tinggi sejak Minggu (23/2/2020) dini hari.

"Semalam hujan deras ya mungkin ketika hujan deras itu saja. Ini baru pertama kali terjadi," kata Ratna di lokasi.


Baca Juga : Kebanjiran, Manajemen RSCM : Ini Baru Pertama Kali Terjadi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini