Zat Radioaktif Ditemukan di Rumah Warga Batan Indah Tangsel

Pernita Hestin Untari, Okezone · Senin 24 Februari 2020 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 338 2173461 zat-radioaktif-ditemukan-di-rumah-warga-batan-indah-tangsel-RRQX8RomWh.jpg Sejumlah personel dari unit Gegana Brimob menyisir lokasi terpapar radiasi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangsel, Sabtu (15/2/2020). (Foto : Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA – Bareskrim Polri dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengungkap dugaan penguasaan radioaktif dari salah satu rumah warga di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan.

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, mengatakan pengungkapan tersebut hasil penyidik dari kepolisian dan pihaknya atas penemuan limbah radioaktif Cesium-137 di Perumahan Batan Indah pada Januari 2020.

"Ditemukan penguasaan terduga beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah, di salah satu rumah warga di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan," kata Indra dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (24/2/2020).

Gegana Brimob Sisir Perumahan Terpapar Radiasi Radioaktif di Tangsel

Ia menerangkan, saat ini Bareskrim Polri bersama Bapeten telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan menyita barang bukti yang ditemukan di rumah warga tersebut. Pihak kepolisian juga telah memasang police line di rumah tersebut untuk kepentingan penyidikan.

Indra mengungkapkan, pihak kepolisian sampai saat ini sedang meminta keterangan dari warga pemilik rumah tersebut.


Baca Juga : Polisi Sudah Periksa 7 Saksi Telusuri Pemilik Limbah Radioaktif di Tangsel

"Ini merupakan titik terang atas kasus ditemukannya limbah radioaktif Cs-137 pada akhir Januari 2020 di lahan kosong di bagian depan Perumahan Batan Indah," ujarnya.

Indra mengatakan, pihaknya terus berupaya menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat dan lingkungan atas insiden tersebut.


Baca Juga : Clean Up di Perum Batan Indah Berlanjut, Area Radiasi Dibuat Griding dan Coring

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini