Instruksi Anies Baswedan pada Anak Buahnya Terkait Penanganan Banjir Jakarta

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 25 Februari 2020 11:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 25 338 2173714 instruksi-anies-pada-anak-buahnya-terkait-penanganan-banjir-jakarta-g1gsb7OQvL.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto : Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan banjir di Ibu Kota akibat hujan ekstrem yang berlangsung sejak dua hari lalu.

"Dua malam lalu Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan ekstrem. Malam hingga dini hari tadi, Jakarta kembali dilanda hujan lebih lebat, lebih lama dan lebih merata. Dampaknya sudah terlihat di banyak wilayah pagi ini," kata Anies dalam keterangannya, Selasa (25/2/2020).

Anies pun menginstruksikan agar seluruh jajaran di Pemprov DKI Jakarta turut membantu penanganan banjir. "Siapkan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Kantor-kantor milik pemprov segera disiapkan sebagai tempat pengungsian," ujar Anies.

Mantan Mendikbud itu meminta pihaknya juga menyiapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan, makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya.

"Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan. Amankan warga dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan lain-lain," tutur dia.

Anies memerintahkan jajarannya untuk membantu kelancaran lalu lintas, membantu mobilitas warga di jalan, serta amankan transportasi publik. "Pastikan warga dan publik mendapat update informasi yang valid secara terus-menerus," tutur dia.

Baca Juga : Banjir Jakarta, Gubernur Anies: Petugas Sudah Bekerja sejak Dini Hari

Ia pun meminta jajarannya untuk tidak memposting foto-foto seremonial atau kegiatan kurang penting lainnya. Sehingga, group Pemprov DKI untuk komunikasi penting dan mendesak.

"Khusus hari ini tunda pertemuan/rapat yang tak mendesak. Seluruh jajaran turun membantu penanganan banjir. Koordinasi dengan walikota/wilayah terdampak," imbuhnya.

Anies juga meminta wali kota untuk segera berkoordinasi dengan seluruh kegiatan di lapangan dengan semua jajaran di wilayahnya. Arahkan jajaran wilayah tak terdampak untuk membantu wilayah terdampak.

"Seperti biasa, tetap pastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan Ibu/Bapak semua dalam bekerja membantu warga," tandasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini