nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Kebanjiran, RSCM Pindahkan Sementara Pelayanan Radiologi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 15:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 25 338 2173877 sempat-kebanjiran-rscm-pindahkan-sementara-pelayanan-radiologi-QRP3y2y4Od.jpg Gedung Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat (foto: Okezone)

JAKARTA - Banjir yang menggenangi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) akhirnya surut setelah disedot empat pompa air milik petugas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat. Pelayanan radioterapi yang sempat terlambat pun kembali normal.

"Jam 5 pagi memang masuk lagi air ke area radiologi radioterapi dan selasar sampai kamar operasi. Setelah penyedotan air dengan 4 pompa air dibantu juga oleh damkar berhasil menghilangkan genangan. Jam 7 pagi sudah surut," kata Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Lies Dina Liastuti kepada Okezone, Selasa (25/2/2020).

Baca Juga: Pelayanan Unit Radioterapi di RSCM Alami Keterlambatan Pasca-Banjir 

Dia menambahkan, pihak RSCM memutuskan untuk memindahkan sementara pelayanan radiologi dan beberapa pelayanan operasi ke ruangan lain.

banjir di rscm (fadel)	 

"Pelayanan radiologi pusat tetap dialihkan ke radiologi kencana, IGD dan Kiara. Beberapa operasi di instalasi bedah pusat dipindah ke kamar operasi kencana dan kamar operasi IGD. Intinya semua layanan tetap berjalan meski dipindah ke ruan gedung lain," ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya juga terus melakukan pengeringan di sejumlah sisa-sisa area yang tergenang. "Proses pengeringan dan general cleaning untuk area yang kemarin sudah dikeringkan dan cleaning itu," tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyebut banjir yang terjadi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat lantaran saluran pembuangan air yang dimiliki RSCM tak cukup menampung air hujan yang cukup deras.

"Setelah kami cek, ternyata memang ada daya tampung yang dekat dengan ruangan radiologi yang karena tidak tertampung, kemudian air melimpah ke ruangan itu," kata Satriadi.

Baca Juga: Ruang Radiologi dan Radioterapi RSCM Kembali Tergenang Banjir

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini