nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Air Sungai Cirarab Menembus Turap di Perumahan Total Persada

Isty Maulidya, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 25 338 2173896 air-sungai-cirarab-menembus-turap-di-perumahan-total-persada-sQeRNQzm85.jpg Air Sungai Cirarab menembus turap di Perumahan Total Persada (Foto : Okezone.com/Isty)

TANGERANG - Hujan lebat yang mengguyur wilayah kota Tangerang pada Selasa (25/2/2020) dini hari tadi mengakibatkan sebagian wilayah kota Tangerang dilanda banjir. Wilayah kecamatan Periuk menjadi salah satu titik banjir paling parah dengan ketinggian mencapai 1 meter.

Perumahan Total Persada yang sempat terendam banjir hingga 2 meter pada 1 Januari 2020, kali ini aman. Namun, turap Sungai Cirarab yang melintasi perumahan tersebut terjadi rembesan.

Sumantri, salah satu warga perumahan mengatakan, meskipun pompa di wilayah tersebut sudah beroperasi, warga tetap waspada terhadap banjir mengingat air sudah mulai keluar dari sela-sela turap, dan bisa saja bocor.

"Kami di sini masih waspada terus, bukan hanya takut air meluap, khawatir juga kalau turap bocor. Ini ada yang rembes, walaupun memang masih aman tapi tetap kita antisipasi," ujarnya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang, Taufik Syahzeni menerangkan rembesan air tersebut berasal dari sela-sela turap. Untuk saat ini, wilayah tersebut masih aman karena level air di Sungai Cirarab dan Kali Ledug masih siaga 1.

"Itu air keluar dari sela sheet pile. Untuk saat ini posisi masih aman. Level air di Sungai Cirarab 270 cm, siaga 1. Kalau sekitar 300 dan ditambah hujan, itu yang mengkhawatirkan," kata Taufik saat dihubungi.

Dirinya tetap mengimbau warga tetap waspada sebab wilayah Perumahan Total Persada dan sekitarnya berada di bawah kali sehingga luapan air sedikit saja bisa berdampak banjir di wilayah tersebut.

Baca Juga : Sempat Kebanjiran, RSCM Pindahkan Sementara Pelayanan Radiologi

"Daerah Total Persada itu bukan hanya level air yang tinggi di sungai, tapi karena lokasinya yang di bawah kali. Sehingga menyebabkan tekanan air dari dalam tanah ke arah perumahan juga tinggi," tuturnya.

Hingga saat ini, tercatat 13 titik di Kota Tangerang terdampak wilayah banjir akibat curah hujan yang tinggi. Daerah di sekitar Kali Angke juga terkena imbas seperti Ciledug Indah, Pinang Griya, Ganda Asri 2 kemudian Perumahan Puri Kartika dan Wisma Tajur. Ketinggian banjir bervariasi dari 30 cm hingga 60 cm, sementara di wilayah Periuk ketinggian air mencapai 1 meter.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini