nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Sebut Hujan di Jakarta Hari Ini Termasuk Ekstrem

Alfina Nuraini, Okezone · Selasa 25 Februari 2020 16:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 25 338 2173925 bmkg-sebut-hujan-di-jakarta-hari-ini-termasuk-ekstrem-VQX7ocmxmk.jpg BMKG menggelar konferensi pers terkait potensi cuaca ekstrem (Foto : Okezone.com/Alfina)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatajan hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya hari ini sudah termasuk kategori ekstrem.

Salah satu pengukurannya yakni di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, yang debit airnya mencapai 278 mm.

"Khususnya di wilayah Kemayoran yang yang tertinggi mencapai 278 mm. Ini sudah melampaui 150 mm. Berarti merupakan intensitas hujan ekstrem," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantor BMKG, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

BMKG juga memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan petir.

Baca Juga : Banjir Jakarta, 3.565 Warga Mengungsi

Apa yang terjadi di Jakarta, Bekasi dan Tangerang, sambungnya, bukan karena keberadaan badai tropis Ferdinand. Tapi lebih kepada adanya pertemuan massa udara atau konvergensi yang memanjang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali, NTT, dan NTB.

"Keberadaan Badai Tropis Ferdinand yang mulai terdeteksi bibitnya pada 23 dan 24 Februari, bibit itu telah berkembang benar-benar menjadi Siklon Badai Tropis Ferdinand pada 24 Februari," kata Dwikorita.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini