nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggul Sungai Citarum Jebol, Warga Muaragembong Bekasi Kebanjiran

Wisnu Yusep, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 14:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 26 338 2174397 tanggul-sungai-citarum-jebol-warga-muaragembong-bekasi-kebanjiran-i1lzaaS1Gb.jpg Banjir di Kabupaten Bekasi (foto: Okezone/Wisnu Yusep)

BEKASI - Ketinggian air Sungai Citarum yang melebihi batas maksimal menyebabkan tanggul penahan di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, pada Rabu (26/2/2020) dini hari jebol.

Jebolnya penahan Sungai Citarum itu mengakibatkan akses jalan warga setempat tertutup. "Penyebabnya intensitas hujan tinggi serta air pasang laut," kata Camat Muaragembong Lukman Hakim kepada wartawan.

Baca Juga: Jasa Marga: Seluruh GTO Tol Jakarta-Cikampek Sudah Normal Beroperasi 

Banjir Bekasi

Akses jalan warga di Desa Pantai Bakti dan Pantai Bahagia itu pun terputus karena banjir yang menggenangi ruas jalan bahkan hingga memasuki area permukiman dan perkampungan warga.

"Akses warga tidak bisa lanjut menuju Desa Pantai Bahagia, sementara untuk akses menuju Desa Pantai Bakti warga harus berputar arah melewati Jembatan Batu Jaya Karawang," kata dia.

Akibat jebolnya tanggul itu, pihaknya pun telah membangun posko pengungsian bagi warga yang terdampak di bangunan PAUD Kolbu Salim Desa Pantai Bakti serta satu rumah warga yang lokasinya lebih tinggi.

"Kita juga sudah siapkan dapur umum tanggap darurat banjir. Logistik sudah kami siapkan dan bantuan dari BBWS dan provinsi juga sedang dalam perjalanan," kata dia.

Baca Juga: 4 Penyebab Banjir di Bekasi, Ini Faktor Utamanya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini