nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa M6 Guncang Maluku, BMKG Imbau Masyarakat Tenang & Hindari Bangunan Retak

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 17:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 26 338 2174537 gempa-m6-guncang-maluku-bmkg-imbau-masyarakat-tenang-hindari-bangunan-retak-IW6OI9R19x.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap tenang pascagempa bermagnitudo 6 mengguncang Maluku. Kemudian, menjauhi bangunan yang rusak atau retak.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui keterangan tertulis, Rabu (26/2/2020).

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," imbuhnya.

Ilustrasi

Rahmat juga mengimbau masyarakat untuk memeriksa dan memastikan bangunan yang ditinggali tahan gempa. Selain itu, memastikan tak ada kerusakan akibat getaran gempa karena dapat membahayakan kestabilan bangunan.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Maluku Tenggara Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi tektonik itu terjadi di Maluku pada sekira pukul 14.33 WIB. Namun, gempa tak berpotensi tsunami. Gempa tersebut memiliki parameter awal magnitudo 6,7 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 6.

Episenter gempa terletak pada koordinat 7.68 LS dan 131.19 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 56 km arah Barat Laut Kota Saumlaki, Maluku pada kedalaman 63 km.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini