Ini Langkah Pemkot Depok Antisipasi Penyebaran Virus Korona

Wahyu Muntinanto, Okezone · Senin 02 Maret 2020 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 338 2177030 ini-langkah-pemkot-depok-antisipasi-penyebaran-virus-korona-mE8XoB9RDF.jpg Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Foto: Okezone)

DEPOK - Dua orang perempuan yakni ibu berusia 61 tahun dan putrinya 31 tahun yang merupakan warga Kota Depok, Jawa Barat saat ini diketahui positif terjangkit virus korona Covid 19. Mereka kini tengah menjalani perawatan di RSPI Suliati Saroso, Jakarta Utara.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bergerak cepat melakukan koordinasi dengan Kementrian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat guna menentukan langkah selanjutnya.

"Setelah mendapat kabar itu (korban virus korona) Pemerintah Kota Depok segara melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait," Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad saat Konfrensi Pers di Balaikota Depok, Jawa Barat, Senin (2/3/2020).

Menurut Idris sejak maraknya virus asal Wuhan Cina, sejak bulan Januari 2020. Pihaknya melalui Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Depok telah mengeluarkan surat edaran Nomor 445/0404/SURVIM sebagai kewaspadaan terhadap Virus korona.

"Kami dari Pemkot sudah melakukuan segala macam pencegahan diantaranya dengan surat edaran sebagai kewaspadaan terhadap Virus Korona," jelasnya.

Baca Juga: Jangan Panik Virus Korona, Perkuat Saja Imun Tubuh dengan Ramuan Tradisional

Selain itu, dia sudah mengintruksikan Direktur Rumah Sakit se-Kota Depok dan Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait gejala dan antisipasi terhadap virus korona.

Maka dari itu masyarakat diminta melakukan kegiatan positif demi menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak terserang penyakit khususnya korona.

"Jaga kesehatan dan kebugaran fisik kita agar Imunitas tubuh selalu kuat, segera melaporkan ke Rumah sakit terdekat jika mengalami demam, batuk dan sesak nafas bersamaan," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, dua orang WNI yang terinfeksi virus korona atau Covid-19 berdomisili di Depok, Jawa Barat.

Saat ini, kata Terawan, rumah WNI terinfeksi virus korona tersebut sudah diisolasi. Sementara itu, mereka sudah dibawa ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta, guna mendapat perawatan lebih lanjut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang WNI yang positif terinfeksi virus korona. Menurut Kepala Negara, mereka tertular penyakit tersebut dari warga negara Jepang yang datang ke Indoneia. Warga Jepang itu dinyatakan positif virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini