RSUD Pasar Minggu dan Cengkareng Diusulkan Jadi Rumah Sakit Rujukan Pasien Korona

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 05 Maret 2020 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 338 2178335 rsud-pasar-minggu-dan-cengkareng-diusulkan-jadi-rumah-sakit-rujukan-pasien-korona-Vgo6zzgSpY.jpg Ilustrasi Pencegahan Virus Korona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengusulkan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) miliknya menjadi Rumah sakit rujukan pasien virus korona (Covid-19). Keduanya adalah RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

Sebelumnya, ada tiga rumah sakit rujukan pasien virus korona di Ibu Kota, yaitu RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat dan Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur. Ketiganya milik pemerintah pusat.

"Jadi yang di DKI awalnya tiga kami berproses penambahan RS rujukan sesuai assesment dan skala prioritas yang ditetapkan kementrian kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2020).

Korona

Baca Juga: 7 Rumah Sakit di Sumsel Disiagakan untuk Suspect Virus Korona

Ia menjelaskan, pemilihan dua RSUD itu lantaran keduanya berada di wilayah yang saat ini belum terdapat fasilitas kesehatan untuk menampung pasien yang mengidap penyakit mematikan tersebut.

"Ini dua yang lain adalah yang kita usulkan di barat Cengkareng dan selatan di Pasar Minggu," ujarnya.

Ia menambahkan, tiga rumah sakit yang diusulkan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan buku pedoman. Dirinya mengaku akan mematuhi segala persyaratan yang harus dipenuhi untuk merawat pasien yang terinfeksi virus korona.

"Iya kami akan menyiapkan fasilitas (ruang isolasi)," katanya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini