Pengunjung CFD Akan Dicek Suhu Tubuhnya, Ini Lokasinya

Fadel Prayoga, Okezone · Sabtu 07 Maret 2020 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 07 338 2179590 pengunjung-cfd-akan-dicek-suhu-tubuhnya-ini-lokasinya-9LS6uI48sc.jpg Pengecekan suhu tubuh untuk antisipasi virus korona. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap masyarakat yang meramaikan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan Sudirman–Thamrin pada Minggu 8 Maret 2020.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan setidaknya ada enam lokasi yang dijadikan sebagai posko pemeriksaan. Nantinya dalam melakukan pengecekan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

Ia menjelaskan, kebijakan itu merupakan upaya Pemprov DKI dalam mencegah penyebaran virus korona (Covid-19) di arena CFD.

"Bekoordinasi dengan Dinkes di beberapa titik di Bundaran Air Mancur (Patung Arjuna Wiwaha), Sarinah, Bundaran HI, Dukuh Atas, Taman Budaya, Ratu Plaza," kata Syafrin kepada wartawan, Sabtu (7/3/2020).

Selain itu, lanjut dia, petugas Dinkes DKI juga akan memberikan edukasi kepada warga terkait pencegahan penyakit yang berasal dari Kota Wuhan, China, tersebut. Sehingga, diharapkan masyarakat dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar tidak terinfeksi.

"Jadi biar masyarakat paham bahwa yang paling penting itu menjaga kebersihan diri masing-masing," ujarnya.

Seperti diketahui, dua warga negara Indonesia (WNI) kembali dinyatakan positif terinfeksi virus korona. Total saat ini ada empat orang yang berstatus sama.

Keempatnya masih dirawat di Ruangan Isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

Juru Bicara Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto, mengatakan kedua orang itu diduga tertular virus korona setelah melakukan kontak jarak dekat dengan pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif.

Sebelumnya pada 1 Maret 2020, dua warga Kota Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif terjangkit virus korona. Keduanya ibu dan anaknya yang berusia 31 tahun.

Pasien pertama diduga tertular korona usai bertemu temannya di sebuah tempat di kawasan Jakarta Selatan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini