4 Pasien Pengawasan Virus Korona Dirawat di RSUD Pasar Minggu

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 09 Maret 2020 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 338 2180354 4-pasien-pengawasan-virus-korona-dirawat-di-rsud-pasar-minggu-NdSroJvV6K.jpg Ilustrasi Ruang Isolasi Rumah Sakit (foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 4 orang tercatat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus korona (Covid-19) di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Diketahui, orang dinyatakan menjadi PDP korona bila yang bersangkutan itu mengidap pneumonia atau radang paru-paru usai pergi dari luar negeri.

Baca Juga: DPR Harap Pemerintah Siapkan Anggaran Khusus Pencegahan Virus Korona 

Antisipasi Tertular Virus Korona, Pengunjung RSPI Sulianti Suroso Kenakan Masker

"Saat ini RSUD Pasar Minggu sudah merawat 4 kasus pasien dalam pengawasan Covid-19. Dan itu sesuai dengan jumlah bed yang mereka siapkan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes DKI Jakarta, Ani Ruspitawati di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020).

Ia mengatakan, hingga saat ini tercatat 64 orang statusnya masih dalam pemantauan dan 56 diawasi. Dari total itu masih belum bisa dipastikan apakah mereka positif terinfeksi penyakit asal Wuhan, China tersebut.

"Dinas kesehatan DKI Jakarta telah punya satu posko dan sampai dengan saat ini jumlah penelpon yang telah mengontak posko sejumlah 3.580 orang," ujarnya.

Ia mengaku juga terus melakukan sosialisasi mengenai Covid-19 di berbagai tempat dan kesempatan, di antaranya sosialisasi di sekolah-sekolah dan pusat perbelanjaan.

“Kami telah memanfaatkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) untuk sosialisasi Covid-19 dengan menitikberatkan pada gerakan ‘Cuci Tangan dengan Sabun’," katanya.

Sebelumnya, dua warga negara Indonesia (WNI) kembali dinyatakan positif terinfeksi virus korona (Covid-19). Total saat ini ada enam orang WNI positif virus ini.

Baca Juga: Istana Pastikan Protokol Kesehatan Virus Korona Berjalan di Seluruh Daerah 

"Yang positif nambah dua. Jadi kasus 5 dan 6," ujar Juru Bicara Penanganan Virus Korona, Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, kemarin.

Salah satu dari dua kasus tersebut masih terkait dengan 4 kasus sebelumnya. Untuk kasus 5 merupakan hasil penulusuran dari klaster Jakarta, sementara untuk kasus 6 merupakan ABK Diamond Princess.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini