Jalan "Perancis" Belum Diperbaiki, Akses Menuju Bandara Soetta Terganggu

Hambali, Okezone · Senin 09 Maret 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 338 2180533 jalan-perancis-belum-diperbaiki-akses-menuju-bandara-soetta-terganggu-a2XNiwKoud.jpg Jalan Perancis yang Rusak dan Berlubang Belum Semuanya Diperbaiki, Akses Menuju Bandara Soekarno-Hatta Terganggu (foto: Okezone/Hambali)

TANGERANG SELATAN - Setelah viral di media sosial, Jalan Kali Perancis, Kota Tangerang, akhirnya diperbaiki. Namun perbaikan hanya dilakukan di jalan yang masuk wilayah Kota Tangerang. Sedang jalan yang masuk wilayah Kabupaten Tangerang tetap dalam kondisi rusak parah.

Jalan Kali Perancis yang mengalami kerusakan parah itu memiliki panjang sekira 6,7 kilometer. Jalan itu terbagi 2 wilayah, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Tercatat 2,2 kilometernya masuk ke dalam wilayah Kota Tangerang.

Baca Juga: 495 Ruas Jalan di Jakarta Rusak Pasca-Banjir 

Jalan Perancis Belum Diperbaiki, Akses Menuju Bandara Soetta Terganggu (foto: Okezone/Hambali)

Lurah Dadap Fauzi mengatakan, jalan rusak itu sudah lama dikeluhkan para pengguna jalan. Apalagi, jalan tersebut merupakan salah satu akses utama pengguna jasa transportasi menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Kalau yang lainnya masuk ke Desa Jati Mulya, wilayah Kabupaten Tangerang," kata Fauzi, Senin (9/3/2020).

Dijelaskan Fauzi, kondisi jalan rusak paling parah di wilayah Jati Mulya. Namun, di wilayah Dadap juga jalan sangat parah dan sangat menganggu pengguna jalan. Khususnya mereka yang hendak mengarah ke bandara Soetta.

"Banyak (rusak), tapi kayaknya sudah dalam perbaikan tuh, kecuali depan Pospol Lama, di Jalan Dadap Kamal, parah tuh. Tapi jalan raya itu ga masuk Dadap bang, Dadap cuma sebelah Kali Perancis doang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tangerang, Decky Priambodo mengatakan, Jalan Kali Perancis mengalami kerusakan parah akibat banyak dilalui truk-truk bertonase besar untuk proyek strategis nasional.

"Hari ini tim ke lapangan untuk memperbaiki jalan yang rusak. Sudah sejak malam minggu kemarin petugas PUPR telah menambal beberapa titik jalan yang berlubang di Jalan Kali Perancis," tambah Decky.

Dijelaskan dia, panjang Jalan Kali Perancis yang rusak parah yaitu 6,7 kilometer. Sepanjang 2,2 kilometer, berada di wilayah Kota Tangerang. Dari 2,2 kilometer itu, kerusakan jalan mencapai sekitar 40 persen. Ada yang berlubang dan beton patah.

"Ada sekitar 40 titik yang diperbaiki. Setiap menit itu, rata-rata satu transformer lewat situ. Dari pantauan kami, dari jam 7 pagi sampai 10 malam kemarin itu, ada lebih dari 180 transformer yang melintas," ungkapnya.

Baca Juga: Warga Lubuklinggau Menanti Perbaikan Jalan Rusak Selama Puluhan Tahun 

Jalan Perancis Belum Diperbaiki, Akses Menuju Bandara Soetta Terganggu (foto: Okezone/Hambali)

Di wilayah Dadap sendiri, memang banyak berdiri pergudangan dari industri-industri berat. Truk-truk bertonase besar setiap saat melintas, membawa barang ke pergudangan.

"Jadi jalan ini memang tidak didesign untuk dilintasi oleh truk besar. Sehingga, jalan menjadi cepat rusak. Apalagi, di Jalan Kali Perancis ini meupakan kawasan pergudangan yang banyak di Dadap," pungkas Decky.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini