Sekolah Internasional Diliburkan, Disdik DKI: Tetap Belajar di Rumah dengan Pengawasan Guru

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 10 Maret 2020 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 338 2180922 sekolah-internasional-diliburkan-disdik-dki-tetap-belajar-di-rumah-dengan-pengawasan-guru-tS3nGCzhOV.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Sebanyak lima sekolah internasional yang berdomisili di Jakarta meliburkan sementara para siswanya. Kebijakan itu diambil sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19) di lingkungan sekolahnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta, Nahdiana menjelaskan, dua di antara lima sekolah itu adalah JIS di Cilandak, Jakarta Selatan dan ACG, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Namun, untuk ketiga lainnya ia mengaku tidak mengingatnya.

"Jadi mereka secara urgent mereka memutuskan untuk belajar di rumah dengan pengawasan guru dengan pendampingan orangtua, jadi enggak ada yang masalah karena memang ini kondisinya luar biasa," kata Nahdiana di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Ia mengaku pihaknya tidak bisa melakukan intervensi ihwal keputusan tersebut. Sebab, sekolah tersebut berada di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mereka hanya memberi informasi kepada Dinkes DKI kalau akan meliburkan sementara siswanya.

"Keputusan untuk libur atau tidak, bukan hanya kebijakannya di kita, seluruhnya instruksinya kan begitu ya," paparnya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Korona, 5 Sekolah Internasional di Jakarta Diliburkan

Menurut dia, keputusan yang diambil pihak sekolah itu karena memang kondisi sekarang ini tidak biasa. Terlebih lagi banyak pengajar di sekolah internasional yang baru datang dari luar negeri.

"Ada sekian persen itu warga negara asing. Jadi mereka secara urgent mereka juga memutuskan untuk home learning," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini