8 Truk Tronton Pakaian Bekas dari Luar Negeri Diamankan di Tol Merak-Jakarta

Achmad Fardiansyah , Okezone · Rabu 11 Maret 2020 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 338 2181750 8-truk-tronton-pakaian-bekas-dari-luar-negeri-diamankan-di-tol-merak-jakarta-s7Xbsjdmep.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Direktorat Jendral Bea Cukai berhasil mengamankan delapan truk tronton berisi pakaian bekas dan karpet dari luar negeri, di Tol Merak-Jakarta KM 45. Barang bekas itu dikirim dari Medan, Sumatera Utara.

Dirjen Bea Cukai, Heru Pambudi mengakatan, barang tersebut akan dikirim ke Bandung, Jawa Barat dari luar negeri. Untuk mengelabui petugas, para pelaku menyamarkan dengan barang-barang lain.

"Meraka samarkan dengan barang lainnya, seolah-olah barang antarpulau, barangnya dari negara empat musim," kata Heru Pambudi kepada wartawan. Rabu (11/3/2020).

Polisi mengamankan 874 bal pakaian, 118 set ban dan 57 gulung karpet. "Semuanya dipres yang setiap bal isinya tergantung, kalau baju sekitar 500 potong. Kalau dia kaus pakaian dalam itu bisa seribu bahkan lebih. Jadi kalau kita asumsikan 874 bal saja maka sebenarnya in sudah 400 ribu sampai 450 ribu potong," ucapnya.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun, 1 Penumpang Angkot Tewas Tergencet

Menurut Heru, pangsa pasar nasional bisa terganggu jika pakaian bekas ilegal tersebut berhasil beredar. Selain itu dikhawatirkan barang bekas itu juga jadi media penyebaran virus korona (Covid-19).

"Yang ini bisa mengganggu ekonomi nasional, terutama menganggu industri garmen yang sejenis, dan kita tahu bahwa trade war dan coronavirus telah menyebabkan kesulitan bahan baku, dan kesulitan produksi. Jangan sampai kesulitan-kesulitan itu ditimpa lagi dengan masuknya pakaian-pakaian yang justru di negara sana sudsh tidak layak jual," imbuhnya.

Hingga saat ini, petugas terus melakukan penyelidikan, guna mencari pemilik usaha ini. "Ini yang baru kita mintai keterangan baru sopir, sementara lagi dikembangkan. Tentunya sopir biasanya tidak dalam posisi pemain," kata dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini