Ketua DPRD Minta Anies Sinergi dengan Pusat Tangani Virus Korona

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 16 Maret 2020 12:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 16 338 2183971 ketua-dprd-minta-anies-sinergi-dengan-pusat-tangani-virus-korona-oO1jzPq8L2.jpg Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi meminta Gubernur Anies Rasyid Baswedan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dalam menangani penyebaran virus korona (Covid-19). Hal itu dilakukan agar kondisi Ibu Kota dapat segera pulih seperti sediakala.

Politikus PDIP itu menilai, diperlukan kerja sama dalam menghadapi penyebaran pandemik ini. Oleh sebab itu, Anies harus bersinergi dengan pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk menentukan setiap kebijakan yang akan diambil.

"Kita pahami sekarang ini kejadian luar biasa. Penyebaran begitu cepat. Sejauh ini Pemerintah Pusat telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung BPNPB. Saatnya, semua bersatu padu menghadapi situasi ini, termasuk Gubernur Anies Baswedan," kata Prasetyo di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Baca juga: Cegah Virus Korona, Pemprov DKI Imbau Perusahaan di Jakarta Setop Seluruh Kegiatan

Prasetyo menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tepat, yaitu dengan memberikan kewenangan kepada daerah untuk menentukan kondisi darurat. Hanya saja untuk keputusan yang tergolong strategis, pemerintah daerah harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Anies Baswedan. (Foto: Okezone.com/Sarah Hutagaol)

"Yang paling penting adalah saat ini fokus kepada warga sehat tidak tertular dan mereka yang tergolong orang dalam pemantauan (ODP) tidak berkeliaran," ujarnya.

Sebelumnya, Juru bicara penanganan virus korona, Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa hingga Minggu 15 Maret 2020, jumlah pasien positif Korona sebanyak 117 orang

"Kita mendapatkan 21 kasus baru, di mana 19 di Jakarta dan 2 di Jawa Tengah," ucap Yuri di Istana Negara, Jakarta Pusat.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini