Antisipasi Virus Corona, RSUD Depok Larang Pengunjung Jenguk Pasien

Wahyu Muntinanto, Okezone · Selasa 17 Maret 2020 20:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 17 338 2184899 antisipasi-virus-corona-rsud-depok-larang-pengunjung-jenguk-pasien-0SmXrNC7A4.jpg Ilustrasi ruang isolasi rumah sakit. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

DEPOK - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, memberlakukan larangan kunjungan sementara terhadap seluruh pasien, sebagai bentuk pencegahan pandemi virus corona (Covid – 19). Sosialisai kepada masyarakat tersebut dilakukan melalui Surat Edaran Nomor 445/556-UPEP.

Direktur RSUD Depok, Devi Maryori mengatakan, larangan kunjungan itu mulai diberlakukan sejak hari ini, Selasa 17 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Surat Edaran ini dimaksudkan agar meminimalisir kontak, khususnya dengan yang sedang dirawat di RSUD," kata Devi Maryori saat dihubungi wartawan, Selasa (17/3/2020).

Dalam edaran itu, pasien RSUD Kota Depok hanya bisa dijaga oleh satu orang dari pihak keluarga. Itu pun harus lolos dari hasil screening atau pengecekan suhu tubuh, serta dalam keadaan sehat tanpa mengalami demam dan batuk.

Infografis Okezone.

Baca juga: Satu Mahasiswa IPB Positif Virus Corona

“Nanti petugas keamanan selalu siaga dan melakukan pemindaian atau screening itu dilakukan di lobi pendaftaran Gedung A, lobi Gedung C, Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan lobi gedung BD," ucapnya.

"Pengunjung yang sudah screening diberikan stempel penanda di lengan kiri. Jika suhu tubuh lebih dari 38 derajat celsius, disertai gejala batuk, pilek, diberikan masker dan diarahkan untuk ke posko Covid-19 di IGD," sambung Devi.

Selain sosialisasi lewat surat edaran, dia meminta jajaranya untuk membantu sosialisasi kepada keluarga pasien yang sedang rawat inap.

"Agar semua pihak yang ditujukan tersebut mensosialisasikan segera ke jajaran yang ada di bawahnya, termasuk sekuriti menyampaikan ke pasien dan keluarga yang mengantar atau pengunjung," tutupnya.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini