Wali Kota Bogor: Mahasiswa IPB yang Positif Corona Warga Jakarta

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 18 Maret 2020 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 338 2184981 wali-kota-bogor-mahasiswa-ipb-yang-positif-corona-warga-jakarta-pX5T81E2SH.jpg Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto: Okezone)

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto membenarkan adanya seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) positif terpapar virus corona atau covid-19. Mahasiswa itu kos di daerah Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat.

"Ada salah satu pasien positif Covid-19 di kawasan Sempur, Bogor Tengah. Pasien tersebut merupakan warga Jakarta yang berstatus sebagai mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Bogor," kata Bima, Selasa (17/3/2020).

Bima menyebut, mahasiswa tersebut terpapar sang ayah yang sudah dinyatakan positif di Jakarta. Kemudian, sempat pulang ke kosnya di Kota Bogor.

"Yang dinyatakan positif Covid-19 adalah warga Jakarta yang kebetulan kos di daerah Sempur. Informasi ini disampaikan oleh Dinkes Jakarta. Jadi, bukan warga Kota Bogor. Status mahasiswi. Begitu ayahnya positif, yang bersangkutan sudah tinggal di Jakarta. Namun, sempat pulang ke Bogor dan interaksi dengan lingkungan dan kampusnya," kata Bima.

Baca Juga: Khofifah Benarkan 6 Pasien Positif Corona Dirawat di RS Surabaya 

Infografis Seputar Virus Corona

Maka, sesuai dengan prosedur tetap (protap) pengendalian virus corona ini harus dilakukan tracing untuk mengetahui dengan siapa saja pasien ini pernah melakukan kontak langsung.

"Pasien dirawat di rumah sakit di Jakarta. Pemkot Bogor berkoordinasi dengan Dinkes Jakarta dan saat ini langsung melakukan penelusuran terkait aktivitas yang bersangkutan," ujarnya.

Baca Juga: Satu Mahasiswa IPB Positif Virus Corona 

Sementara itu, lanjut Bima, hingga saat ini, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kota Bogor mencapai 41 orang dengan 20 ODP di antaranya dinyatakan bebas corona setelah melewati masa inkubasi 14 hari.

"Untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 2 orang dengan satu pasien di antaranya dinyatakan kembali sehat. Sementara positif corona di Kota Bogor masih nihil," tutup Bima.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini